Makalah Ilmu Alamiah Dasar Teknologi Masa Depan untuk Kelangsungan Hidup Manusia



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
          Kita  ketahui  bahwa  sebagian  besar  kehidupan  manusia tergantung  pada
teknologi. Perkembangan IPTEK memang mempermudah pekerjaan manusia. Pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik kini telah dimudahkan oleh kecanggihan teknologi. Kemajuan teknologi benar-benar telah kita rasakan dapat memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
          Semakin bertambahnya hari dan semakin berkembangnya teknologi, menimbulkan suatu kekhawatiran bahwa sumber daya alam yang digunakan untuk menjalankan teknologi itu semakin lama akan semakin habis. Padahal kelangsungan kehidupan manusia sangat tergantung pada teknologi. Sekarang ini para pakar teknologi mulai memikirkan sumber daya alam alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan teknologi yang semakin canggih. Sumber daya alam alternatif ini cukup banyak, diantaranya energi matahari, energi panas bumi, energi angin, energi pasang surut, energi biogas, dan energi biomassa. Energi-energi tersebut dianggap dapat menggantikan peran sumber daya alam yang berasal dari fosil (seperti minyak bumi, gas bumi dan batubara)   

1.2  Tujuan
Kemajuan teknologi yang cepat akan membuat teknologi lebih nyaman dan bermanfaat serta memudahkan dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini. Teknologi baru harus digunakan untuk kepentingan masyarakat. Sekarang lebih baik untuk mengatakan sejauh mana ilmu pengetahuan dan teknologi telah diterima oleh generasi sekarang. Dibandingkan dengan perangkat konvensional dan peralatan berita teknologi masa depan menyatakan bahwa perangkat ultra modern lebih bisa diterapkan dan kuat dalam fungsi mereka. Menurut para ilmuwan dan peneliti teknologi modern dapat membuat modifikasi dan peningkatan hal-hal umum untuk penggunaan yang tepat mereka menerapkan metode modern. Dunia akan lebih glamor dan menarik dengan teknologi yang lebih baru

1.3  Rumusan Masalah
      Adapun rumusan masalah dari makalah ini.
1.      Apa peran teknologi terhadap kelangsungan hidup manusia?
2.      Usaha manusia untuk mencari sumber daya energi baru?






BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Peran Teknologi Terhadap Kelangsungan Hidup Manusia
Sejak zaman prasejarah manusia  ada  dibumi, ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi merupakan faktor-faktor penting dalam pembentukan masyarakat dan kebudayaan. Penggunaan teknologi modern telah dapat mempercepat laju pembangunan, baik pembangunan dalam bidang ekonomi, kesehatan, transportasi, dan komunikasi, maupun kemakmuran masyarakat
2.1.1     Bidang Industri
        Dalam bidang Industri, kemajuan teknologi telah menciptakan mesin-mesin modern yang dapat mempermudah produksi. Sehingga dapat menaikkan kuantitas suatu produksi. Misalnya, penggunaan teknologi yang maju untuk pengolahan minyak kelapa sawit akan dapat memperoleh hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan cara tradisional. Disamping itu kemajuan teknologi juga dapat menaikkan kualitas atau mutu produksi. Misalnya, pengolahan minyak bumi yang semula kita mengenal premium, dimana premium dikatakan lebih baik daripada bensin karena mempunyai nilai oktan yang lebih tinggi sehingga tidak mudah atau cepat merusak alat atau mesin yang menggunakan bahan bakar tersebut.
2.1.2     Bidang Kesehatan
        Dalam bidang kesehatan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas dibidang kedokteran. Sehingga berbagai masalah dibidang kedokteran dapat dipecahkan. Misalnya, dengan bantuan sinar x dokter dapat mendiagnosa penyakit apa yang di derita oleh pasiennya sehingga dokter dapat memberikan obat yang sesuai. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga telah meningkatkan kemajuan obat-obatan dan mempermudah pemberantasan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri, cacing, jamur dan virus.      
2.1.3     Bidang Transportasi dan Komunikasi
        Perkembangan teknologi telah dapat mengubah sistem transportasi dan komunikasi dalam kehidupan manusia. Banyak kemudahan yang bisa dinikmati, bahkan seakan-akan menyebabkan dunia menjadi lebih sempit atau menjadi semakin kecil. Sebelum adanya teknologi, transportasi darat dilakukan dengan jalan kaki, berkuda, kereta lembu, kereta kuda, unta untuk dipadang pasir. Dilaut dengan kapal layar, sedangkan udara belum dikenal alat transportasi. Akan tetapi, setelah perkembangan teknologi orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi yang lebih canggih, misalnya, sepeda motor, mobil, kereta api, pesawat dan sebagainya. Demikian pula dalam bidang komunikasi perkembangan teknologi telah menghasilkan alat-alat komunikasi yang semakin canggih dan mempermudah komunikasi manusia. misalnya, radio, televisi, handphone, internet dan sebagainya.

2.2  Pencarian sumber daya alam nonkonvensional
     Pencarian sumber daya alam nonkonvensional yang hangat pada saat ini ialah pemanfaatan energi matahari,energi panas,energi angin,dan energi biogas.
Pemilihan sumber energi tersebut tentu saja alasan yang kuat,yaitu dapat digunakan dalam skala besar serta agar dapat mengganti minyak bumi dan batu bara.sumber energi yang dipakai itu tidak boleh menghasilkan polutan yang banyak ,bahkan bila mungkin tidak menghasilkan polutan.
2.2.1        Energi Matahari
Energi matahari merupakan energi yang utama bagi kehidupan di bumi ini. Berbagai jenis energi,baik yang terbarukan maupun tak-terbarukan merupakan bentuk turunan dari energi ini baik secara langsung maupun tidak langsung.
Berikut ini adalah beberapa bentuk energi yang merupakan turunan dari energi matahari misalnya:
·         Energi angin yang timbul akibat adanya perbedaan suhu dan tekanan satu tempat dengan tempat lain sebagai efek energi panas matahari.
·         Energi air karena adanya siklus hidrologi akibat dari energi panas matahari yang mengenai bumi.
·         Energi biomassa karena adanya fotositensis dari tumbuhan yang notabene menggunakan energi matahari.
·         Energi gelombang laut yang muncul akibat energi angin.
·         Energi fosil yang merupakan bentuk lain dari energi biomassa yang telah mengalami proses selama berjuta-juta tahun.
      Selain itu energi panas matahari juga berperan penting dalam menjaga kehidupan di bumi ini. Tanpa adanya energi panas dari matahari maka seluruh kehidupan di muka bumi ini pasti akan musnah karena permukaan bumi akan sangat dingin dan tidak ada makhluk yang sanggup hidup di bumi. Energi Panas Matahari juga sebagai Energi Alternatif 
Energi panas matahari merupakan salah satu energi yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber cadangan energi terutama bagi negara-negara yang terletak di khatulistiwa termasuk indonesia, dimana matahari bersinar sepanjang tahun.
Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu :
1.      Pemanasan ruangan
2.      Penerangan ruangan
3.      Kompor matahari
4.      Pengeringan hasil pertanian
5.      Distilasi air kotor
6.      Pemanasan air
7.      Pembangkitan listrik  
2.2.2        Energi Panas Bumi
Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air). Sejak peradaban Romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007,dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia. Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada dekat area perbatasan lapisan tektonik. Pangeran Piero Ginori Conti mencoba generator panas bumi pertama 4 july 1904 di area panas bumi Larderello di Italia.
Grup area sumber panas bumi tersebut di dunia, disebut The Geyser, berada di California,Amerika Serikat. Pada tahun 2004 ,lima negara (El Salvodor,Kenya,Filipina,Islandia,dan Kostarika) telah menggunakan panas bumi untuk menghasilkan lebih dari 15% kebutuhan listriknya. Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik di mana temperatur tinggi dari sumber panas bumi tersedia di dekat permukaan. Pengembangan dan penyempurnaan dalam teknologi pengeboran dan ekstraksi telah memperluas jangkauan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dari lempeng tektonik terdekat. Efisiensi termal dari pembangkit listrik tenaga panas bumi cenderung rendah karena fluida panas bumi berada pada tempertur yang lebih rendah dibandingkian dengan uap atau air mendidih. Berdasarkan hukum termodinamika, rendahnya temperatur membatasi efisiensi dari mesin kalor dalam mengambil energi selama menghasilkan listrik. Sisa panas terbuang, kecuali jika bisa dimanfaatkan secara lokal dan langsung, misalnya untuknpemanas ruangan.

2.2.3        Energi Angin
Udara yang bergerak disebut angin dan dapat terjadi perbedaan tekanan disuatu tempat dengan tempat yang lain. Orang dahulu sebenarnya telah menggunakan energi angin itu, misalnya untuk menggerakan perahu layar sehingga terjadilah penjelajahan laut dari satu negara ke negara lain. Bangsa belanda dulu terkenal dengan penggunaan kincir-kincir angin untuk menggerakanh pompa-pompa air guna mendapatkan air bersih di beberapa kampung. Energi angin dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi tangkap (oleh baling-baling atau katakan lah rotor bersayap).
Pasang surut menggerakan air dalam jumlah besar setiap harinya,dan pemanfaatanya dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang cukup besar. Dalam sehari bisa terjadi hingga duankali siklus pasang surut. Oleh karena waktu siklus bisa diperkirakan 9kurang lebih setiap 12,5 jam sekali), suplai listriknya pun relatif lebih dapat diandalkan daripada pembangkit listrik bertenaga ombak.
Pada dasarnya ada dua metodologi untuk memanfaatkan energi pasang surut.
a.       Dam pasang surut
Cara ini serupa seperti pembangkit listrik secara hidro-elektrik yang terdapat di dam/waduk penampungan air bersih. Hanya saja, dam yang dibangun untuk memanfaatkan siklus pasang surut jauh lebih besar dari pada dam air sungai pada umumnya. Dam ini biasanya dibangun di muara sungai dimana terjadi pertemuan antara air sungai dengan air laut. Ketika ombak masuki atau keluar (terjadi pasang atau surut),air mengalir melalui terowongan yang terdapat di dam.
Pembangkit listrik tenaga pasang surut (PLTPS) terbesar di dunia terdapat di muara sungai Rance di sebelah utara perancis. Pembangkit listrik ini dibangun pada tahun 1966 dan berkapasitas 240 MW. PLTPS La Rance di desain dengan teknologi canggih dan beroperasi secara otomatis,sehingga hanya membutuhkan dua orang saja untuk pengoperasian pada akhir pekan dan malam hari. PLTPS terbesar kedua di dunia terletak di Annapolis, Nova Scotia, Kanada dengan kapasitas”hanya”16 MW. Kekurangan terbesar dari pembangkit listrik tanpa tenaga pasang surut adalah mereka hanya dapat menghasilkan listrik selama ombak mengalir masuk(pasang) ataupun mengalir keluar(surut), yang terjadi hanya selama kurang lebih 10 jam per harinya. Namun,karena waktu operasinya dapat diperkirakan,maka ketika PLTPS tidak aktif, dapat digunakan pembangkit listrik hanya untuk sementara waktu hingga terjadi pasang surut lagi.

b.      Turbin lepas pantai (offshore turbines)
        Pilihan lainya menggunakan turbin lepas pantai yang lebih menyerupai pembangkit listrik tenaga angin versi bawah laut. Keunggulanya dibandingkan
metode pertama yaitu: lebih murah biaaya instalasinya, dampak lingkungan yang relatif lebih kecil dari pada pembangunan dam, dan persyaratan lokasinya pun lebih mudah sehingga dapat dipasang di lebih banyak tempat. 
Berikut ini disajikan secara ringkas kelebihan dan kekurangan dari pembangkit tenaga pasang surut:
·         Setelah dibangun, energi pasang surut dapat diperoleh secara gratis.
·         Tidak menghasilkan gas rumah kaca ataupun limbah lainya.
·         Tidak membutuhkan bahab bakar.
·         Biaya operasi rendah.
·         Produksi listrik stabil.
·         Pasang surut air laut dapat diprediksi.
·         Turbin lepas pantai memiliki biaya instalasi rendah dan tidak
·         Menimbulkan dampak lingkungan yang besar.
                        Kekurangan   :       
·       Sebuah dam yang menutupi muara sungai memiliki biaya
·         Pembangunan yang sangat mahal,dan meliputi area yang sangat   luas sehingga merubah ekosistem lingkingan baik ke arah hulu maupun hilir hingga berkilo-kilometer.
·      Hanya dapat mensuplai energin kurang lebih 10 jam setiap harinya,ketika ombak lingkungan yang besar.

2.2.4        Energi Biogas
                   Biogas adalah gas yang dihasilkan dari sisa-sisa makhluk yang diuraikan oleh mikroba melalaui proses penguraian.sebagai bahan dasar proses penguraian adalah sisa makhluk berupa sampah pertanian,yaitu batang pohon jagung,jerami.sisa amplas kelapa,atau tumbuhan lain sebagai bahan yang mengandung mikroba pengurai digunakan kotoran sapi. Kemudian, kedua bahan itu dapat dipotong-potong. Proses diaduk agar berjalan optimal pada suhu 35 derajat sampai 37 derajat celcius. Adukan itu tidak boleh bersifat asam, juga tidak bele bersifat basah,tapi harus netral.
2.2.5        Energi biomassa
Dalam sektor energi, biomassa merujuk pada bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar. Biomassa dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung. Dalam penggunaan tidak langsung, biomassa diolah menjadi bahan bakar. Contohnya: kelapa sawit yang diolah terlebih dahulu menjadi biodiesel untuk kemudian digunakan sebagai bahan bakar.
Sebelum mengenal bahan bakar fossil, manusia sudah menggunakan biomassa sebagai sumber energi. Misalnya dengan memakai kayu atau kotoran hewan untuk menyalakan api unggun. Sejak manusia beralih pada minyak, gas bumi atau batu bara untuk menghasilkan tenaga, penggunaan biomassa tergeser dari kehidupan manusia. Namun, persediaan bahan bakar fosil sangat terbatas. Para ilmuwan memperkirakan dalam hitungan tahun persediaan minyak dunia akan terkuras habis. Biomassa dari Bahan Baku Pangan Gandum,tebu dan jagung adalah contoh bahan pangan yang juga dapat diolah menjadi energi dari biomassa. Energi tersebut tergolong energi ramah lingkungan yang bahan dasarnya disediakan alam. Namun, penggunaan energi biomassa kadang membawa dampak sampingan yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah naiknya harga bahan baku pangan.
Penyebabnya macam-macam. Di Jerman misalnya, produksi listrik biomassa mendapat subsisdi pemerintah kata ahli biologis Dr.Andre Bauman : “Ini memicu persaingan antar petani yang menanam gandum untuk pangan dan petani biomassa. Selama ini, produsen gandum untuk biomassa mendapat keuntungan lebih besar daripada petani biasa. Baru belakangan ini, dengan naikmya harga untuk susu dan gandum,petani biasa dapat bersaing dengan petani biomassa. Produsen biogas tak lagi dapat membeli bahan dasar gandum dengan harga murah sepertri dalam lima tahun terakhir”. Di Jerman,100 kilogram gandum menghasilkan energi biomassa seharga 25 Euro. Tapi bila gandum tersebut dijual sebagai bahan baku pangan, harganya hanya 18 Euro. Kini di sejumlah negara muncul kekuatiran bahwa para petani bahan pangan beralih ke produksi tanaman untuk biomassa. 
2.2.6  Energi Zat Radioaktif
      Zat  radioaktif  ialah  suatu zat yang dapat memancarkan sinar berdaya tembus tinggi.  Radiasi yang dipancarkan  zat  radioaktif  dapat  dibedakan atas  tiga  jenis berdasarkan  muatannya.  Radiasi  yang  berrnuatan  positif  dinamai  sinar  alfa  (α),  dan  yang  bermuatan  negatif  diberi  nama  sinar   beta   (β).  Jenis   sinar  yang   ketiga  yang  tidak  bermuatan  listrik diberi nama  sinar  gamma  ( γ ).  Sinar  gamma  inilah  yang   sangat  berbahaya karena dapat menembus apa saja yang menghalanginya. Sinar  gamma  ini   dapat mengubah susunan gen atau  kromosum  dalam  inti  sel  yang  dapat  menimbulkan  kematian dan cacat.  Namun,  sinar ini juga dapat  membuat  tumbuhan   menjadi  berbuah   lebat.   Manusia   biasanya  memanfaatkan  sinar  ini  untuk  pertanian dan  peternakan. 7 Penggunaan zat radioaktif ini diantaranya:

A. Bidang Kedokteran
            Di  bidang  kedokteran zat radioaktif dapat digunakan untuk mendeteksi (diagnosa) berbagai  jenis penyakit, misalnya kerusakan jantung, hati, paru-paru, tumor otak,  kerusakan  pembuluh  darah  dan  sebagainya.  Selain   itu   zat  radioaktif  juga  dapat   digunakan   untuk Sterilisasi   radiasi.  Radiasi   dalam   dosis   tertentu dapat  mematikan  mikroorganisme  sehingga  dapat  digunakan  untuk  sterilisasi  alat-alat kedokteran. Zat  radioaktif  juga  dapat digunakan  untuk  terapi  tumor atau kanker. Berbagai   jenis   tumor  atau  kanker  dapat  diterapi  dengan  radiasi. Sebenarnya, baik sel normal maupun sel kanker dapat dirusak oleh   radiasi   tetapi  sel  kanker  atau  tumor  ternyata  lebih  sensitif  (lebih mudah rusak).  Oleh  karena  itu, sel kanker  atau  tumor  dapat dimatikan   dengan  mengarahkan   radiasi  secara  tepat pada sel-sel kanker tersebut. 
B. Bidang Hidrologi
               Dalam  bidang  hidrologi,   radiasi    dapat    digunakan    untuk  mempelajari  kecepatan   aliran  sungai,  dan  menyelidiki   kebocoran  pipa  air  bawah  tanah. 
C. Bidang Pertanian. 
           Dalam bidang pertanian zat  radioaktif  ini  biasanya digunakan  untuk   memberantas    hama    dengan    teknik    jantan    mandul.  Di laboratorium   hama   dibiakkan   dalam  jumlah  yang  cukup  banyak.  Hama   tersebut   lalu   diradiasi sehingga   serangga   jantan   menjadi mandul.  Setelah itu,  hama  dilepas  di daerah yang  terserang   hama.  Diharapkan  akan terjadi   perkawinan   antara   hama setempat dengan  jantan  mandul  dilepas.  Telur hasil perkawinan  seperti itu tidak akan  menetas. Dengan demikian  reproduksi  hama  tersebut  terganggu dan akan mengurangi populasi.
          Selain itu zat radioaktif juga dapat digunakan  untuk  pemuliaan tanaman   hingga    didapatkan    tanaman    yang    unggul.  Misalnya pemuliaan padi, jagung, dan sebagainya. Radiasi juga  bisa  digunakan  untuk   penyimpanan  makanan. Misalnya  kentang  dan  bawang. Kita  mengetahui bahwa bahan makanan seperti kentang  dan  bawang  jika disimpan lama akan  bertunas.  Jadi  sebelum bahan tersebut di simpan diberi   radiasi  dengan  dosis  tertentu  sehingga  tidak  akan  bertunas, dengan dernikian dapat disimpan lebih lama.
D. Bidang Industri 
        Dalam bidang industri, zat  radioaktif  dapat  digunakan  untuk pemeriksaan   mesin  tanpa  merusak.   Radiasi  sinar  gamma  dapat  digunakan   untuk  memeriksa   cacat  pada  logam  atau  sambungan  las,  yaitu  dengan meronsen bahan tersebut.   Disamping  itu  radiasi  juga  digunakan  untuk  mengawetkan bahan,  seperti kayu,  barang-barang seni dan lain-lain.  Radiasi  juga  dapat  meningkatkan  mutu   tekstil   karena  mengubah  struktur  serat  sehingga  lebih  kuat  atau lebih  baik  mutu  penyerapan  warnanya.  Berbagai  jenis  makanan   juga  dapat  diawetkan  dengan  dosis  yang  aman   sehingga   dapat disimpan lebih lama.
         Namun  kita  pun  tak  bisa  menutup  mata,  dibalik   berbagai keuntungan  positif  penggunaan  radioaktif,  zat  ini  juga  memiliki potensi    bahaya    yang  tidak    kecil   bagi    kesehatan    maupun  keselamatan    manusia.    Penyakit-    penyakit    yang   timbul   akibat radiasi,  misalnya kanker,  leukimia,  rusaknya  jaringan  otak,  serta kerugian   fisik   lainnya,    bahkan   bisa   menyebabkan  kematian.  Maka  dari itu dalam menggunakan zat radioaktif harus benar-benar hati-  hati.









BAB III
PENUTUP

3.1   Kesimpulan

Perkembangan teknologi telah membawa berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia, baik dari bidang industri, kesehatan, transportasi maupun komunikasi. Dalam bidang industri dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi. Dalam bidang kesehatan dapat memecahkan berbagai masalah. Bidang transportasi yaitu mempermudah perjalanan manusia. Dan dalam bidang komunikasi yaitu untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi. Adapun usaha manusia dalam mencari sumber energi baru ialah dengan memanfaatkan berbagai macam sumber seperti, energi matahari, energi panas bumi, energi angin, energi biogas, energi biomassa dan energi zat radioaktif. 


DAFTAR PUSTAKA

Maskoeri Jasin. 2012. Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali pers.

http://rifkaputrika.wordpress.com/2013/04/27/ilmu-alamiah-dan-teknologi-masa-       depan-sehubungan-dengan-kelangsungan-hidup-manusia/
http://oggisobimedia.blogspot.com/2009/12/tekhnologi-baru-untuk-kelangsungan.html