MAKALAH SEPAKBOLA

MAKALAH SEPAKBOLA

BAB I
PENDAHULUAN



A.Latar Belakang
Sepakbola adalah suatu permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang. Sepakbola adalah permainan yang sangat populer, karena permainan sepakbola sering dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.
Saat ini perkembangan permainan sepakbola sangat pesat sekali, hal ini ditandai dengan banyaknya sekolah-sekolah sepakbola (SSB) yang didirikan. Tujuan dari permainan sepakbola adalah masing-masing regu atau kesebelasan yaitu berusaha menguasai bola, memasukan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin, dan berusaha mematahkan serangan lawan untuk melindungi atau menjaga gawangnya agar tidak kemasukanbola . Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang memerlukan dasar kerjasama antar sesama anggota regu, sebagai salah satu ciri khas dari permainan sepakbola.
Untuk bisa bermainan sepakbola dengan baik dan benar para pemain menguasai teknik-teknik dasar sepakbola. Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik, pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula.
Teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola ada beberapa macam, seperti stop ball (menghentikan bola), shooting (menendang bola ke gawang), passing (mengumpan), heading (menyundul bola), dan dribbling (menggiring bola).
Khusus dalam teknik dribbling (menggiring bola) pemain harus menguasai teknik tersebut dengan baik, karena teknik dribbling sangat berpengaruh terhadap permainan para pemain sepakbola.


B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut :
Teknik Dasar Permainan Sepakbola
1.Teknik Menendang ( kicking )
2.Menendang dengan kaki bagian luar
3.Teknik Menendang Bola Ke Gawang (Shooting)
4.Teknik Menerima Bola
5.Teknik Mengontrol Bola
6.Teknik Menghentikan Bola (stopping)
7.Teknik Menggiring Bola (dribbling)
8.Teknik Memantulkan Bola (Juggling)
9.Teknik Menyundul bola (heading)
10.Teknik Melempar bola (throwing)
11.Teknik Merampas atau Merebut Bola (Tackling)
12.Teknik Gerak Tipu dengan Bola
13.Teknik Mengumpan Bola (Passing)
14.Teknik Penjaga gawang (goal keeper)

C.Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penulisan dalam pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut :
Teknik Dasar Permainan Sepakbola
1.Teknik Menendang ( kicking )
2.Menendang dengan kaki bagian luar
3.Teknik Menendang Bola Ke Gawang (Shooting)
4.Teknik Menerima Bola
5.Teknik Mengontrol Bola
6.Teknik Menghentikan Bola (stopping)
7.Teknik Menggiring Bola (dribbling)
8.Teknik Memantulkan Bola (Juggling)
9.Teknik Menyundul bola (heading)
10.Teknik Melempar bola (throwing)
11.Teknik Merampas atau Merebut Bola (Tackling)
12.Teknik Gerak Tipu dengan Bola
13.Teknik Mengumpan Bola (Passing)
14.Teknik Penjaga gawang (goal keeper)


BAB II
PEMBAHASAN

Teknik Dasar Permainan Sepakbola
Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Oleh karena itu, untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik.
Untuk dapat menghasilkan permainan sepakbola yang optimal, maka seorang pemain harus dapat menguasai teknik-teknik dalam permainan. Teknik dasar bermain sepakbola adalah merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan atau mengerjakan sesuatu yang terlepas sama sekali dari permainan sepakbola.
Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah Menendang ( kicking ), Menghentikan atau Mengontrol ( stoping ), Menggiring ( dribbling ), Menyundul ( heading ), Merampas ( tacling ), Lemparan Kedalam ( trow – in ) dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ). Dibawah ini akan dijelaskan beberapa teknik Menendang, Menghentikan, dan Mengiring bola dalam permainan Sepakbola.
Teknik dasar sepak bola terdiri atas bermacam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam memainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Teknik dasar permainan sepak bola dapat dibedakan sebagai berikut :


1.Teknik Menendang ( kicking )
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.


2.Menendang dengan kaki bagian luar

Menendang dengan kaki bagian luar, langkah-langkahnya adalah;
1.Posisi badan berada di belakang bola, kaki tumpu disamping belakan bola 25 cm
2.Kaki tending berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap ke dalam
3.Kaki tendang ditarik ke belakang kemudian diayun kedepan
4.Perkenaan bola tepat di punggung kaki bagian luar dan tepat pada bagian tengah-tengah bola.
5.Gerakan lanjutan kaki tendang diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasaran


3.Teknik Menendang Bola Ke Gawang (Shooting)

Shooting atau tembakan merupakan salah satu cara untuk memasukkan bola atau menciptakan gol ke gawang lawan dengan menggunakan kaki sebagai subyek geraknya.
Adapun cara menendang bola ke gawang adalah sebagai berikut:
1)Awalan: berdiri lurus dengan bola, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan jari kaki menghadap ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Kaki sepak diputar keluar pada pangkal pahanya sehingga kaki sepak membentuk sudut 90o dengan kaki tumpu.
2)Perkenaan dengan bola: terjadi pada daerah punggung kaki, sedangkan bola disepak tepat pada titik pusatnya.
3)Follow Through: dengan cara mengikuti lintasan ayunan gerak kaki ke depan.


4.Teknik Menerima Bola

Dalam menguasai dan menerima bola, ada 6 tingkatan progress yang harus dicapai dalam sebuah latihan:
•Penerima bola harus berada pada posisi diagonal terhadap bola
•Penerima bola harus menghadapi pemain yang memegang bola, sambil memberikan kode jika telah siap untuk menerima bola.
•Ketika bola diberikan, si penerima harus bergerak menuju bola untuk menghindari antisipasi dari pemain lawan.
•Jika memungkinkan si penerima bola harus mendapatkan bola hanya dengan satu sentuhan.
•Penerima bola harus menerima bola sambil memutar tubuhnya ke arah berlawanan dimana bola tersebut datang, dan yang paling penting, perubahan arah bola.
•Penerima harus menggunakan lengannya untuk melindungi dirinya dari pressure lawan dan posisi lutut dibengkokan untuk membantu keseimbangan, Akan lebih baik yaitu dengan mengkombinasikan positioning terhadap ketinggian dan kekuatan bola karena positioning menjadi hal yang paling utama dalam menerima dan menguasai bola

5.Teknik Mengontrol Bola

Mengontrol bola adalah suatu upaya untuk menguasai bola sebelum bola dihentikan oleh kaki. Dalam upaya mengontrol bola pemain harus dalam kondisi siap dengan pengamanan yang tepat agar dapat menguasai bola sepenuhnya. Setelah bola tersebut terkontrol dengan baik, bola baru dihentikan.


6.Teknik Menghentikan Bola (stopping)

Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Analisis gerakanya sebagai berikut :
•Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
•Kaki tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekut.
•Kaki penghenti diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki
dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
•Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki.
•Kaki penghenti mengikuti arah bola.
Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.

7.Teknik Menggiring Bola (dribbling)

Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :   
1.Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.   
2.Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya  diayunkan kedepan.   
3.Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir  kedepan.   
4.Bola bergulir harus selalu dekatdengan kaki agar bola dapat dikuasai   
5.Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola   
6.Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

8.Teknik Memantulkan Bola (Juggling)

Memantulkan bola menggunakan kaki atau kepala berulang kali. Salah satu trik dalam juggling yang terkenal dinamakan “around the world” (ATW). Around the world adalah tehnik memutarkan kaki melingkar mengitari bola ketika bola terpantul di udara.

9.Teknik Menyundul bola (heading)

Pada permainan sepak bola dimana pemain menggunakan kepala mereka untuk menanduk bola. Pemain menggunakan heading untuk mengoper bola kerekannya, untuk mencetak goll dengan mengarahkan bola ke gawang lawan atau untuk membuang bola yang mengarah kegawang mereka sendiri. Yang dimaksud dengan heading adalah menanduk atau menyundul bola untuk mengoper/mencetak goal.
Teknik Dasar Menyundul (heading) Bola
Menguasai bola dengn menggunkan kepala sangatlah tidak mudah, karena itu berlatih sampai anda yakin dengan teknik sundulan anda. Hal yang utama yang perlu diingat adalah menjaga mata agar tetap terbuka dan menggunakkan dahi, bukan bagian atas kepala.
Berikan penjelasan teknik dasar menyundul (heading) bola (Harvey, 2003):
1.Berdiri sejajar dengan bola, dengan satu kaki didepan kaki yang lain, tekuk lutut dan punggung agak condong kebelakang.
2.Saat  bola dating mendekat, usahakan mata anda tetap terbuka, tetap santai pada menit-menit terakhir.
3.Sundullah bola dengan dahi. Jika anda menggunakan bagian kepala yang lain, maka akan terasa sakit.
4.Doronglah bola menjauh sambil mengencangkan otot leher, sehingga kepala dapa mengarahkan bola tersebut kearah yang diinginkan.

10.Teknik Melempar bola (throwing)
Melempar bola ke dalam dilakukan apabila bola ke luar melalui garis samping lapang permainan. Pemain tidak dibenarkan membuat gol dari lemparan ke dalam. Bagi pemain yang menerima bola dari lemparan ke dalam, tidak diberlakukan peraturan off-side. Hal ini merupakan suatu taktik yang penting untuk menguntungkan penyerang yang dekat dengan gawang lawan.
Cara melempar bola ke dalam (throw-in)
1.Bola dipegang dengan seluruh jari-jari dan telapak tangan pada kedua sisi bola atau dibelakang bola.
2.Lemparan dilakukan dari atas garis atau luar garis tepi lapangan permainan.
3.Saat melempar, kedua kaki harus tetap berpijak di tanah.
4.Bola harus dilempar ke arah lapangan permainan dengan kedua tangan melalui atas belakang kepala.


11.Teknik Merampas atau Merebut Bola (Tackling)

Merampas bola merupakan upaya untuk merebut bola dari penguasaan lawan. Dari sekian cara terdapat tiga cara yang paling umum digunakan. Cara tersebut sebagai berikut.
1.Dengan cara berhadapan ( tanpa menjatuhkan diri )
•Pemain bertahan harus selalu berusaha menempel dimna pemain lawan bergerak
•kaki yang digunakan untuk merebut ditarik ke belakang seperti gerakan menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
•gerakan selanjutnya kaki di gerakkan ke depan bola dengan menegakkan otok kaki untuk menahan bola atau merintangi lawan, gerakan ini dilakukan menggunakan waktu yang tepat pada pemain lawan tengah
•Berat badan pada kaki tumpu agak ditekuk
2.Dengan cara meluncur ( slidding tackling ) dengan kaki bagian dalam
3.Dengan cara meluncur ( slidding tackling ) dengan kaki bagian luar.

12.Teknik Gerak Tipu dengan Bola

Gerak tipu dengan bola tekniknya sama seperti gerak tipu badan (gerak tipu tanpa bola). Hanya saja dilaksanakan dengan menggunakan bola. Gerak tipu ini bertujuan untuk "menipu" lawan dengan gerakan-gerakan yang menggiurkan sehingga pemain yang menguasai bola dapat melampaui lawan.


13.Teknik Mengumpan Bola (Passing)

Mengumpan (Passing): adalah teknik dasar permainan sepak bola yang tujuannya untuk membrikan/mengumpan bola kepada teman satu tim.
Teknik mengumpan (passing) adalah memberikan bola kepada teman kita yang tidak terkawal agar tetap menguasai bola, mengumpan merupakan teknik dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pemain sepak bola.
Macam-mamam passing
Ada 2 jenis passing
1.Umpan datar yaitu memberikan bola kepada teman dengan cara menggelindingkan diatas tanah, umpan ini dilakukan apabila jarak teman kita cukup dekat dengan kita, umpan ini sangat mudah diterima teman tapi sulit dipotong lawan.
2.umpan lambung yaitu mengoper bola dengan cara menendang bola diatas kepala lawan, umpan ini dilakukan apabila jarak teman kita berada jauh dari kita. karena sifatnya fifty-fifty bola mudah terpotong lawan dan sulit diterima teman kita, umpan lambung dilakukan bila kita ingin memidahkan bola dari dareah padat ke daerah kosong juga untuk melakukan serangan mendadak.


14.Teknik Penjaga gawang (goal keeper)

Penjaga gawang atau sering disebut Kiper (dalam sepak bola) adalah salah satu posisi dalam berbagai olahraga berkelompok seperti sepak bola, hoki dan polo air. Tugas seorang penjaga gawang adalah mencegah bola masuk ke gawang. Penjaga gawang adalah palang pintu terakhir bagi lawan sebelum memasukkan bola ke gawang.
Penjaga gawang harus memiliki:
Insting terhadap lawan
Refleks yang sempurna
Bakat
Seorang Penjaga gawang membutuhkah :
1.Keberanian
2.Konsentrasi
3.Kepercayaan diri
4.Kecepatan reaksi
5.Kelenturan
6.Keseimbangan
7.Kekuatan
8.Power


BAB III
PENUTUP

A.Simpulan
Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah Menendang ( kicking ), Menghentikan atau Mengontrol ( stoping ), Menggiring ( dribbling ), Menyundul ( heading ), Merampas ( tacling ), Lemparan Kedalam ( trow – in ) dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ).
B.Saran
Dalam bermain sepak bola hendaknya kita memperhatikan teknik dan aturan-aturan dalam bermain sepak bola. Disamping memperhatikan hal diatas, tak lupa dalam bermain sepak bola ataupun olahraga lainnya kita tetap harus mengutamakan sportiftas bermain.