makalah peran computer dalam bidang pendidikan


Bab I
PENDAHULUAN
A.          Latar belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif. UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar
Inti pendidikan itu sendiri pada dasarnya adalah proses alih informasi dan nilai‑nilai yang ada. Selama proses ini terjadi, pengalaman dan penalaran pengambilan keputusan seseorang akan bertambah baik. Di era globalisasi ini banyak hal yang dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal dengan komputer. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal komputer dan sudah banyak pula orang yang menggunakan komputer. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar,komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
B.           Rumusan maslah
Setelah menulis latar belakang tersebut saya dapat membuat rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apa pengertian computer dan Sejarah computer ?
2.      Apa peran computer dalam bidang pendidikan ?
3.      Apa peran computer dalam pembelajaran ?
C.           Tujuan masalah

1.      Mampu memberikan pemahaman tentan computer.
2.      Mampu menjelaskan peran computer dalam bidang pendidikan.
3.      Mampu menjelaskan peran computer dalam pembelajaran.

Bab II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian computer dan sejarah komputer
v  Pengertian computer
Komputer adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang lainnya. Dalam bahasa latin, computer dapat di definisikan sebagai alat hitung. Komputer  jg bias di artikan sebagai  perangkat teknologi untuk mempermudah manusia mengakses informasi dari berbagai disiplin ilmu diseluruh penjuru dunia.Manfaat komputer dibidang pendidikan sangat terasa bagi pendidik untuk menyajikan pengajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswinya.
Dan berfungsi untuk mengolah data . namun sekarang ini di gunakan sesuai dengan fungsinya atau kebutuhannya. Komputer juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau menulis, ia dapat menggunakan komputer untuk mendukung karyanya. Komputer pertama kali dipakai sebagai media pendidikan di pabrik-pabrik, bukan disekolah.
Beberapa definisi dari pada computer menurut dari pada ahli, yaitu :
·         Menurut Robbert H.blismen.
Menurut pendapat beliau, computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti mengimput, proses, ataupun output.
·         Menurut Donald H.sandar.
Menurut pendapat beliau, computer adalah system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat. Berdasarkan intruksi program yang tersimpan di memori. Tidak sama dengan system manual yang prosesnya memakan waktu yang lama dan juga tidak bisa di kopi.
·         Menurut Wiliam M.fuori.
Menurut pendapat beliau, computer adalah suatu alat elektronik yang dapat melakukan perhitungan dengan cepat dan besar, contohnya kalkulator.
v  Sejarah komputer
Dahulu sebelum adanya alat hitung atau mesin hitung, manusia masih menggunakan beberapa alat tredisional untuk menghitung seperti :lidi, biji-bijian. Dan manusia terdahulu tidak pernah pua dengan apa yang di dapat, sehingga mereka berfikir untuk lebih menggali kembali alat-alat canggih.
·         Pada tahun 4000 (SM)
Penemu dari pada mesin hitung ini bernama Abacus, alatnya di namakan sempoa. Alat ini di temukan d cina dan bahasa bugisnya corong-corong.akan tetapi, sebagai mana yang kita ketahui bahwa Indonesia tidak dapat menemukan alat, maka menciplat alat temuan dari bapak Abacus dan dibentuk menjadi plastic.
·         Pada tahun 1340 (MS)
Penemu dari pada alat ini yaitu bapak Luca paciolo, alatnya di namakan book keeping maching. Alat ini di temukan di Italia . sekarang alat ini menjadi alat hitung.

·         Pada tahun 1642
Bernama Dadding Machine. Penemunya ialah Blaise Pascal. Alat ini di temukan di prancis menciptakan juga mesin ketik, cara kerjanya menggunakan rotan, dan sangat besar.
·         Pada tahun 1801
Sebagai alat hitung bernama Punihed Card (kartu berlubang). Berasal dari prancis, penemunya bernama : Josep marie Jucguard, alat ini berfungsi bias di gunakan untuk menyimpandata, dari sinilah tercipta yang namanya disket. (tidak bias tersimpan lama) setelah terciptanya disket yang tidak dapat menyimpan data dengan lama, maka di ciptakanlah FlashDisk bergiga 1,2,6,8 dll.
·         Pada tahun 1833
Alat ini bernama Chakles babbage, berasal dari inggris. Berfungsi menyimpan, mengimput, memproses, mengeluarkan . setelah beberapa tahun hilang, yang ada pembuangannya tersimpan, terciptalah yang namanya computer.
o   Sejarah perkembangan computer.
Tahun 1822: ilmuan bernama Charles Babbage mengungkapkan idenya membuat alat yang memiliki kemampuan untuk menghitung pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Peninggalanya tersebut kini masih bisa dijumpai di Museum of Science London.
Tahun 1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry di tahun tersebut mulai membuat sebuah desain komputer digital elektronik pertama. Alat tersebut kemudian diberi nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). Komputer ABC tersebut memiliki kemampuan terbatas yaitu hanya menghitung penambahan dan pengurangan.
Tahun 1943: Tahun tersebut merupakan masa Perang Dunia 2 dan seorang ilmuwan kebangsaan Inggris Alan Turing membuat desain komputer elektronik yang dirancang untuk keperluan militer Inggris. Sebagai komputer militer, alat tersebut ditujukan untuk dapat menembus kode pertahanan Jerman.
Tahun 1944: Howard Hathaway Aiken seseorang berkebangsaan Amerika membuat sebuah komputer dinamai Mark I. Komputer ini adalah komputer dengan kemampuan hitung digital pertama. Namun jangan heran melihat ukuranya yang super besar yaitu dengan luas 7,45 kaki x 50 kaki dan memiliki bobot sekitar 35 ton. Keunggulan dari Mark I yaitu kemampuanya yang sudah mendukung untuk digunakan menghitung probabilitas.
Tahun 1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah ide trobosan tentang penyimpanan data pada komputer yang pada saat itu masih berupa ide saja.
Tahun 1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. mereka mulai membuat komputer berskala besar pertama. Komputer tersebut diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Karena penemuanya yang sangat fenomenal tersebut dunia pun menganggap bahwa kedua orang ini sebagai penemu komputer digital. Ukuran ENIAC komputer tidak berbeda jauh dengan Mark I ukuranya lebar 30 kaki x 50 kaki dan memiliki berat 30 ton serta terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar). Untuk menghidupkanya memerlukan tenaga listrik sebesar 160.000 watt. Ketika dioperasikan untuk pertama kalinya seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati. ENIAC komputer sedikit lebih maju dari Mark I yang hanya dapat menghitung. Keunggulan ENIAC komputer tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, namun komputer ini sudah dapat diprogram untuk menjalankan proses sederhana.


Ilustrasi: Sumber gambar © wikipedia.org
Tahun 1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama dengan nama  UNIVAC I (Universal Automatic Computer). Komputer ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
Tahun 1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan tokoh-tokoh penting dalam sejarah perkembangan computer. dan mereka adalah penemu Transistor pertama di dunia. Karena penemuan transistor tersebut ukuran komputer menjadi semakin kecil seperti sekarang ini.
Saat ini komputer telah mengalami perkembangan pesat dan bisa di jumpai dimana saja. Mulai dari kantor, sekolah, perusahaan, dan keseharian kita. Bahkan kini ponsel pintar dan tablet yang kita gunakan merupakan perubahan dari komputer yang semakin hari semakin efisien dan canggih.
B.     Peran computer dalam bidang pendidikan
Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga dapat membantu para pendidik untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik. Seperti kita ketahui bahwa terkadang pelajaran yang disajikan oleh pendidik dapat menarik minat siswa untuk mempelajarinya jika pengajaran yang diberikan oleh pendidik tersebut menarik dan kreatif. Peserta didik yang ingin memahami materi lebih dalam dari sebuah bidang studi dapat menginstal software (program) yang berkaitan dengan pelajaran tersebut Oleh karena itu, banyak pengguna komputer yang merasa nyaman dengan menggunakan komputer.
Salah satu peran  komputer yang utama adalah di bidang pendidikan. Komputer merupakan sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa. Komputer menjadi salah satu bidang studi dan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Dengan bekal ilmu komputer sejak sekolah, anak-anak dapat bersaing nantinya saat masuk ke dalam dunia kerja. Selain sebagai memberikan modal kepada siswa salah satu kemampuan yang wajib saat mencari kerja, manfaat komputer lainnya adalah sebagai pembuka cakrawala. Banyaknya akses ke ilmu pengetahuan menggunakan komputer bisa membuka cakrawala para siswa tentang dunia ini dan segala isinya.
Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :

    Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
    Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
    Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
    Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office.
    Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan.
    Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
ü  Peran komputer secara umum adalah :

    Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
    Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
    Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar.
    Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
    Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk membuat karya ilmiah yang baik dan menarik. Informasi - informasi yang mendukung karya ilmiah tersebut dapat di cari melalui internet.
    Komputer juga bisa menjadi sarana hiburan

Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :

    Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
    Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
    Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
    Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office.
    Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan.
    Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.

C.           Peran komputer dalam pembelajaran.
Menurut Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
1)      Hubungan Interaktif :
Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
2)      Pengulangan :
Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
3)      Feedback and Reward :
Dengan komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dpaat disampaikan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Beberapa Pertimbangan pemanfaatan Komputer ke dalam proses pembelajaran Ada beberapa hambatan yang perlu digaris bawahi berkaitan dengan pemanfaatan komputer untuk pembelajaran. Hambatan-hambatan tersebut diantaranya adalah:
·         penolakan/keengganan untuk berubah (resistancy to change) khususnya dari policy maker (kepala sekolah dan guru);
·         kesiapan SDM (ICT literacy dan kompetensi guru)
·         ;ketersedian fasilitas komputer;ketersediaan bahan belajar berbasis aneka sumber; dan
·          keberlangsungan (sustainability) karena keterbatasan dana.
Penolakan atau keengganan untuk berubah, khususnya dari para pembuat kebijakan sekolah dan guru merupakan hal yang wajar mengingat komputer masih dapat dikatakan sebagai suatu inovasi (hal baru). Sikap para pengambil kebijakan atau guru terhadap komputer sebagian besar masih rendah disebabkan karena kurangnya pengetahuan terhadap komputer dan peran pentingnya bagi pembelajaran. Disamping itu, sikap keengganan/penolakan inipun didukung oleh karena redahnya melek teknologi (ICT literacy). Sehingga, kesiapan guru dan kompetensi guru untuk memanfaatkan komputer dalam pembelajaran menjadi lemah. Walhasil, fasilitas komputer di sekolahpun menjadi terbatas sehingga kelangsungan pemanfaatan komputer di sekolah juga masih dipertanyakan. Terlebih-lebih, ketersediaan bahan belajar berbasis aneka sumber (resources-based learning packages), seperti modul, buku paket, VCD pembelajaran, CD-ROM pembelajaran, maupun bahan belajar online masih terbatas. Sebagai sumbang saran, dalam rangka mengintegrasikan komputer ke dalam proses pembelajaran (kelas), penulis merekomendasikan beberapa hal berikut untuk dipecahkan secara sistemik dan simultan: Dukungan Kebijakan; sekolah mengeluarkan kebijakan untuk mengedepankan pengintegrasian komputer untuk pembelajaran. Misalnya melalui pencanangan visi, misi, peraturan dan rencana  induk/rencana strategis sekolah ke depan. e-Leadership; Kepala sekolah dan atau beberapa guru panutan di sekolah menyadari penuh pentingnya peran komputer untuk pembelajaran dan berupaya untuk terus mempelajari dan menerapkannya di sekolah.
Penyiapan SDM; sekolah mengembangkan ICT literacy para guru dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan komputer kedalam pembelajaran (termasuk berbagai strategi/metode pembelajaran yang efektif). Bila perlu guru mengadopsi atau mengadaptasi strategi pembelajaran yang telah terbukti efektif  dan mengkomunikasikannya dengan kolega. Bila perlu mengembangkan sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan, pengiriman mengikuti loka karya atau seminar, terlibat aktif dalam komunitas jaringan sekolah dan lain-lain. Disamping itu, sekolah juga harus menyiapkan tenaga teknis dalam bidang komputer untuk pembelajaran.

Bab III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Terselesainya makalah ini, saya dapat menyimpulkan bahwa :
ü  Komputer adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang lainnya.
ü  Peran komputer secara umum adalah :

    Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
    Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya
    Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar.
    Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
    Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk membuat karya ilmiah yang baik dan menarik. Komputer juga bisa menjadi sarana hiburan

B.     Saran
Dengan diselesaikannya makalah ini penulis berharap makalah ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Selanjutnya penulis juga  mengharapkan kritik dan saran guna peningkatan kualitas dalam penulisan makalah ini.
Saran dan kritikan
Selama proses perkuliahan berlangsung.

v   Saran
-                Sebaiknya computer yang rusak di perbaiki, agar proses pembeajaran tidak terganggu.
-                Seharusnya ruangan di berikan sedikit pendingin atau kipas angin, karena proses pembelajaran sering terganggu akibat kegerahan.

v   Kritikan
-                Dalam pemakaian komputer harusnya 1 komputer tiap 1 orang, sebab, kita tidak dapat mencernha lebih dalam materi yang di berikan oleh dosen karena berdebatan computer.
-                Ruangan terkadang panas.

Daftar pustaka


http://alambudsos.wordpress.com
http://ejournal.unud.ac.id
http://www.nano.lipi.go.id