Makalah Sejarah Islam


BAB I

PENDAHULUAN


Sejarah merupakan study Ilmu yang lapangannya sangat luas dan tidak terbatas. Karena sangat luasnya itu, maka pengertian sejarah memberikan gambaran tentang masa yang lalu, tentang berbagai macam kehidupan manusia dengan alam sekitarnya, sebagai makhluk sosial, kemudian disusun sedemikian rupa secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa dengan tafsiran dan penjelasan.

Islam adalah ajaran-ajaran yang diwahyukan Tuhan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Sebagai Rasul.

Sejarah Islam suatu yang membicarakan segala hal kehidupan yang dialami manusia pada masa yang telah lalu, yang merupakan manifestasi/ penjelmaan kerja jiwa manusia Muslim yang didasari dan mencerminkan ajaran islam dalam arti Islam.

Hijrah Rasulullah ke Madinah pada tahun 662 M. dimulai perhitungan tahun Hijriyah, yaitu tahunIslam. Mekkah dan Madinah merupakan pusat kegiatan Islam, dimekkah beliau sebagai manusia biasa, sebagai nabi juga sebagai Rasul, kepemimpinan dan Da’kwahnya meliputi soal ketauhidan atai ke Imanan (yang berhubungan dengan akherat).

Gambaran yang jelas dalam sejarah kebudayaan Islam diperhitungkan sejak islam diterima oleh Rasulullah.mulainya sebelum Rasul meniggal, yaitu Islam mulai menguasai seluruh semenanjug Arabia, tunduk ke bawah kekuasaan Islam, sampai maasa timbulnya pemikiran dan aliran. Pembaharuanj atau lebih dikenal dengan sebutan modernisasi dalam Islam Eropah atau lebih dikenal Barat sudah bertambah maju. oleh Karena sejarah kebudayaan Islam dapat dibagi kedalam tiga periode yaitu : periode klasik, periode pertengahan, periode modern.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Islam

2.1.1 Pengertian Sejarah

Istilah ejaan adalah terjemahan dari kata tarikh (bahasa arab), sirah (bahasa arab), history(bahasa inggris), dan geschichte (bahasa jerman). Semua kata tersebut berasla dari bahasa yunani,yaitu istoria yang berarti ilmu.

Sejarah yang lebih umum adalah masa lampau manusi baik yang berhubungan dengan peristiwa politik, sosial, ekonomi, maupun gejala alam. Definisi ini member pengertian bahwa sejarah tidak lebih dari sebuah rekaman peristiwa masa lampau manusia denan segala sisinya.

2.1.2 Pengertian Islam

Kata Islam berasal dari bahasa arab, mempunyai beberapa pengertian, yaitu:
  • keselamatan
  • perdamaian
  •  penyerahan diri kepada Tuhan
Ketiga pengertian itu tercakup dalam kata “Islam”, sebab agama Islam memang mencita-citakan terwujudnya keselamatan dan perdamaian seluruh umat manusia didunia ini, dan mengajarkan kepada manusia untuk menyerahkan diri kepada Allah dalam segala amal perbuatannya.

Islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan kepada masyarakat manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Sebagai Rasul. Islam pada hakikatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenai satu segi, tetapi mengenai berbagai segi kehidupan manusia sumber dari ajaran-ajaran yang mengambil berbagai aspek itu ialah Al-Quran dan hadist.

2.1.3 Pengertian Sejarah Islam

Sejarah Islam adalah suatu yang membicarakan segala hal kehidupan yang dialami manusia pada masa yang lalu, yang merupakan manifestasi/penjelmaan kerja jiwa manusia muslim yang didasari dan mencerminkan ajaran Islam dalam arti yang luas.

2.2 Sejarah Kebudayaan Islam

2.2.1 Periode Klasik : 650;1250

Dalam periode ini dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu :

1. Masalah Kemajuan Islam 1

Masa ini merupakan yang terjadi :

a. Masa Ekspansi

Masa ini mulai perhitungan, sebelum Nabi Muhammad wafat (632M) wilayah semenanjung Arabia waktu itu, seluruhnya sudah menyerah dan tunduk dibawah kekuasaan Islam.

Ekspansi ke daerah luar jazirah Arabia sudah dilakukan dan dimulai oleh para khalifah, di jazirah khalifah yang pertama, yaitu khalifah Abu Bakar Sidik. Waktu itu terjadi sekitar tahun 632 M. tidak lama dua tahun kemudian meninggal dunia. Tetapi waktu yang singkat itu benar-benar dipergunakan waktunya., untu menyelesaikan perang biddah, yaitu peperangan yang dilakuakan kepada suku-suku bangsa arab yang ingkar dan tidak mau tunduk kepada pemerintah pusat, yaitu Madinah. Mengingkari semua perjanjian yang dibuat semasa Nabi masih hidup, dengan anggapan yang sudah tidak mengikat lagi, terjadi demikian karena mempunyai anggapan bahwa Rasul sudah mati jadi segal urusan yang ada sangkut pautnya dengan beliau dianggap tidak ada.

Hal termasuk anggapan tentang Islam, tentang kepemimpinan sebagai kepala Negara, sampai tentang Nabi, yang mengakibatkan adanya Nabi palsu. Bahkan kekacauan, keingkaran timbul dimana-mana. Itu semua dibebankan pada khalifah Abu Bakar. Dapat kiita cara mengapa kondisi yang sedemikian rupa, justru Abu Bakar yang dipilih dan diangkat sebagai khalifah yang pertama. Jelas menyangkut alas an politik, masalah kemasyarakatan , ekonomi kemiliteran dan lain sebagainya. Dalam sejarah kebudayaan Islam dapat dibuktikan, dengan pengangkatan Khalid Ibnu Walid diangkat sebagai jendralnya dalam perang tersebut, kenyataannya dapat diatasi, sampai perang riddah selesai. Bukti lain dalam sejarah membuktikan bahwa setelah selesai perang dalam Negeri selesai, Abu Bakar sebagai khalifah menunjukkan ke dunia luar dan memerintah pada jendral-jendralnya untuk berangkat perang, yang diangkat waktu itu dipercayakan pada :

1). Khalid Ibnu Walid dikirim memimpin pasukan ke Irak dan dapat menguasai Hijrah pada tahun 634 M

2). Amar Ibnu Al Aas, Yasif Ibnu Abi Sufyan, Syurahbil Ibnu Hasanah, mereka itu yang dipilih sebagai jendral supaya dapat membantu, mendukung kekuatan militer yang dipimpin Khalid Ibnu Walid, selanjutnya beliau ditarik dari Irak, untuk mengemban tugas baru yang lebih berat, beliau dpercaya bahwa tugas baru itu dapat dilaksanakan, sekalipun tahu bahwa tugas tersebut terlalu berat baginya dan jendral yang tidak akan sanggup untuk melaksanakan tetapi denngan hati terbuka Khalid Bin Walid menerimanya. Tugas yang berat dilaksakan operasinya denagan melalui gurun pasir yang jarang dilalui manusia, tetapi beliau dalam waktu delapan belas hari sanggup sampai di Suria.

Ada beberapa sebab membuat Ekspansi Islam diantaranya:

a. Ajaran Islam itu tersendiri yang dinilai meliputi :

  • Hubungan dengan Tuhan, masa Islam dimekah.
  • Hubungan manusia dengan Manusia, masa Islam pertama di Madinah.
  • Hubungan manusia dengan alam, dimadinah
  • Hubungan manusia dengan dirinya, kemajuan Islam mulai di Bagdad.

b. Ajaran Islam memasuki darah-daerah baru memudahkan, menolong mereka yang merasa tertekan, sehingga datangnya Islam tidak ada tantangan bahkan mendapat bantuan masyarakat setempat.

b. Masa Integrasi

Masa integrasi Dauliah Abbassiah terjadi integrasi kebudayaan ; Ke Barat sampai ke Spanyol, Timur sampai ke India, Selatan ke Sudan, Utara sampai ke Kaukasus.

Dengan bahasa arab sebagai alatnya untuk membentuknya Islam. Masa Daulah Abbas, mulai kontak antara Islam dengan kebudayaan Barat. Kontak dengan barat itulah yang membawa masa gemilang bagi Islam

c. Masa Kejayaan Islam ( kemajuan dalam Bidang Ilmu Pengetahuan) diantaranya sebagai berikut :

  • Ilmu Astronomi Islam yang pertama, abad ke VIII oleh Alfaraji dan Al Fargani, Eropah  Al Fragnus.
  • Ilmu Optik abad X oleh Abu Ali Al Hasan Ibn Al. Haytham, di Eropah dikenal dengan nama Alhazen.

2. Masa Disintegrasi : 1000-1250 M

Telah mulai terjadinya Disintegrasi dalam bidang politik akhir masa Dauliyah Umayah, mencapai puncaknya masa Dauliyah, yang dimulai terjadinya, terutama setelah para khalifah menjadi boneka oleh tentara pengawal. Wilayah satu dengan satu melepaskan diri dari pusat, kemudian membentuk kekuasaan dan mengangkat khalifah untuk memerintah sendiri, sehingga menjadi dinasti-dinasti kecil. Kerajaan kecil itu diantaranya :
  • Kerajaan Idrisi yang bertahan 788-974 M.
  • Kerajaan Aghlabi berkuasa tahun 800-969 M.
  • Ahmad Ibn Tulun tahun 868-905 M.
  • Dinasti Hamdani tahun 944-1003 M dll.

2.2.2 Periode Pertengahan : 1250-1800 M

Periode ini terbagi menjadi dua masa, yaitu masa kemunduran 1 dan 3 kerajaan besar.

1. Masa Kemunduran 1 : 1250:1500 M

Pada zaman ini kerajaan Jengiskhan dengan keturunannya datang membawa kehancuran Dunia Islam. Kerajaan ini berasal dari Mongolia. Peking setelah diduduki tahun 1212 M, kemudian mengalihkan perhatiannya ke arah Barat. Satu demi satu wilayah Islam direbutnya diantarana, Transoxania dan Khawarizan jatuh 1219/1220 M.

2. Masa tiga kerajaan besar : 1500 M-1800 M

Masa tiga kerajaan besar ini terbagi pula menjadi dua Fase :

a. Masa Kemajuan 1500-1700 M.

Masa ini merupakan kemajuan Islam II, yang termasuk tiga kerajaan besar, yaitu :
  • Kerajaan Usmani di Timur (Turki)
  • Kerajaan Safawi di Persia.
  • Kerajaan Mughal di India

b. Masalah kemunduran II : 1700-1800 M.

Sesudah Sulaiman Al Qanuni, kerajaan Usmani tidak mempunyai Sultan yang kenamaan, dan kerajaan ini dimulai memasuki fase kemunduran di abad ke XVII M. didalam Negeri timbul pemberontakan seperti ; Suria dibawah pimpinan Kurdi Jumbulat dan Libanon dibawah pimpinan Druze Amir Fakhruddin.

2.2.3 Periode Modern S:1000 M. Timbulnya Modernisasi dalam Islam

Periode ini merupakan zaman Kebangkitan Islam. Ekspedisi Napoleon di Mesir berakhir pada tahun 1801 M,mengakibatkan timbul kesadaran dan membuka mata bagi dunia Islam, terutama Turki dan Mesir tentang ;

  • Kemunduran dan kelemahan Umat Islam.
  • Adanya perubahan kemajuan dan kekuatan Barat yang ada.

BAB III

KESIMPULAN


Tahun Islam dimulai dengan hijrah Nabi Muhammad SAW. Dari mekkah ke Madinah ditahun 622 M. dimekkah terdapat kekuasaan kaum Quraisy yang kuat dan yang pada waktu itu belum dapat dipatahkan Islam. Dimadinah sebaliknya tidak terdapat kekuasaan yang demikian, bahkan disana akhirnya Nabi Muhammad-lah yang memegang tampuk kekuasaan. Dengan beradanya kekuasaan ditangan beliau, Islampun lebih mudahlah dapat disebarkan sehingga akhirnya Islam pernah menguasai daerah-daerah yang dimulai dari Spanyol disebelah Barat sampai ke Filipina di sebelah Timur, dan dari Afrika Tengah disebelah Selatan sampai ke Danau Aral disebelah Utara.

Sejarah Islam sekarang telah berjalan dekat empat belas abad lamanya. Sebagai halnya dengan sejarah setiap umat, sejarah Islam dapat dibagi ke dalam periode klasik, periode klsik, periode pertengahan, dan periode modern.

DAFTAR PUSTAKA


· Hasbi, Muzakar, Kahar. Sejarah Perkembangan Kebudayaan dan Peradaban Islam. Solo Press : Bandung, 2006

· Mubarok, Jaih, Metodologi Study Islam. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung, 2000

· Nasution, Harun. Islam. Penerbit Universitas Indonesia : Jakarta, 1919