Berita Dalam Negeri Mendagri Lantik Plt Gubernur DKI Jakarta Sore Ini

 Berita Dalam Negeri Mendagri Lantik Plt Gubernur DKI Jakarta Sore Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki putaran kedua Pilkada DKI, kepemimpinan di Ibu Kota akan diserahkan ke Plt Gubernur DKI yang ditunjuk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan wakilnya Djarot Saiful Hidayat segera cuti untuk mengikuti tahapan selanjutnya Pilkada DKI 2017.
Tjahjo menyatakan akan melantik Plt Gubernur DKI pada Senin (6/3/2017) sore ini di Balai Kota Jakarta. 
Polda Metro Jaya Siap Amankan Putaran Dua Pilkada DKI 2017
"Kemungkinan nanti sore jam 17.00 WIB di balai kota," ujar Tjahjo seusai menjadi inspektur upacara di Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor, Sumedang, Senin pagi seperti dilansir dari Antara. 
Menurut dia, Kementerian Dalam Negeri telah mengecek ulang ke KPU DKI Jakarta dan KPU Pusat mengenai kepastian kampanye Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Setelah memastikan jadwal kampanye, Kemendagri lantas memproses cuti calon kepala daerah petahana, sesuai dengan perundangan. 
Kementerian Dalam Negeri pun telah menyiapkan sejumlah nama yang akan ditetapkan sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta. 
Namun, hingga pagi ini, Tjahjo mengaku belum meneken surat penetapan pelaksana tugas itu. Yang pasti, dia menyatakan, Plt yang nantinya ditunjuk akan disampaikan dan dilantik di balai kota sore ini. 
Menurut dia, tidak menutup kemungkinan Plt Gubernur DKI pada pilkada putaran pertama Sumarsono, kembali menjabat pada pilkada putaran kedua ini. 
"Nanti sore bisa saya, bisa juga Sekjen Kemendagri yang menyerahkan Plt ke balai kota," beber Tjahjo.