Berita Dalam Negeri Saat Raja Salman Terkenang Ranjang Khusus Buatan Sukarno



Liputan6.com, Jakarta - Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud akhirnya bisa menjawab rasa penasarannya dengan bertemu langsung anak dan cucu Presiden Sukarno, Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani. Momen pertemuan ini terjadi di Istana Kepresidenan, Jakarta, di sela padatnya kegiatan Raja Salman.
Meski pertemuan hanya berlangsung 15 menit, banyak cerita yang diungkapkan Raja Salman bersama Mega dan Puan dalam kesempatan itu. Salah satu yang tak bisa dilupakan adalah soal persiapan Sukarno menyambut Raja Arab Saudi.
BACA JUGA
DPR Harap Ada Titik Terang Santunan Crane dari Raja Salman
DPR Impor Bunga Hias untuk Ruang Pidato Raja Salman
Kisah Warga Jakarta Kayuh Sepeda Hingga Bogor Demi Raja Salman
Raja Arab zaman itu, yakni Raja Saud bin Ibnu Saud, datang ke Indonesia pada 1955. Kesempatan ini pun tidak disia-siakan oleh Presiden Sukarno. 
Demi menjamu sang raja, Presiden Pertama RI itu membuat tempat tidur khusus untuk Raja Saud, mengingat postur Raja yang jauh lebih besar dari postur normal orang Indonesia. 
"Pada kesempatan itu raja yang mau datang ke Jakarta karena tinggi besar sekali, enggak ada tempat tidur yang cukup. Nah Bung Karno itu arsitek lalu membuat tempat tidur khusus untuk raja tersebut, sepanjang dua meter," ungkap Puan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3/2017). 
Saat ini, tempat tidur khusus untuk Raja Arab itu masih ada. Tempat tidur itu disimpan rapi di Istana Bogor. 
"Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor," imbuh Puan.
Raja Saud dan Presiden Sukarno bertemu pada 1955 di Istana Kepresidenan, Jakarta. Pada 1970, Raja Arab selanjutnya yakni Raja Faisal berkunjung ke Indonesia bertemu Presiden Soeharto. 
Setelah 45 tahun, Raja Arab sekarang yakni Raja Salman bin Abdulazis al Saud datang ke Indonesia bertemu Presiden Jokowi dan akan berlibur di Bali selama 5 hari.