Kasiat 10 Manfaat Minum Rebusan Daun Sirih Merah

Kasiat 10 Manfaat Minum Rebusan Daun Sirih Merah

 
Manfaat Daun Sirih MerahSirih merah adalah tanaman yang berasal dari Sulawesi, Indonesia. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan memiliki segudang manfaat sirih merah sebagai obat ramuan herbal. Daun sirih merah ini memiliki warna kemerahan dengan corak yang indah pada daunnya. Nama lainnya adalah piper crotatum.
Manfaat Daun Sirih MerahCara pengolahan daun sirih merah ini adalah dengan direbus. Air rebusannya dapat digunakan untuk pengobatan herbal dan ada juga daun sirih merah yang dibakar sedikit saja bagiannya untuk ditempelkan pada daerah yang sakit. 
Berikut ini adalah manfaat rebusan daun sirih merah :

1. Penyakit jantung koroner

Jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh radikal bebas yang mengakibatkan rusaknya dinding pembuluh darah. Faktor lain dari penyebab jantung koroner adalah hipertensi, rokok, polusi dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan selalu rajin berolahraga karena manfaat olahraga untuk jantung sangat banyak.

Cara pengolahan sirih merah bagi penyakit jantung :

Sediakan 3 lembar daun sirih merah.
Sediakan 7 buah biji kemukus. Biji kemukus adalah tanaman yang banyak tumbuh di pulau jawa dan banyak dijadikan sebagai rempah – rempah atau disebut juga dengan lada jawa. Manfaat rempah rempah ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh. 
  1. Sediakan 3 bawang merah.
  2. Sediakan beberapa cabe jintan.
setelah itu campurkan semua bahan diatas ke dalam wadah untuk digiling. Setelah benar benar halus tambahkan air panas ngilu kuku. Dan diamkan selama 10 menit baru diperas untuk diambil airnya. Air perasannya dapat diminum dua kali sehari secara teratur.

2. Penyakit Diabetes melitus

Diabetes melitus atau dikenal dengan kencing manis adalah kondisi tubuh yang tidak dapat memanfaatkan insulin, sehingga hormon insulin berkurang pada tubuh. Cara pengolahan sirih merah bagi penyakit diabetes melitus adalah dengan menyediakan 3 lembar daun sirih merah. Kemudian cuci sampai bersih dan masukkan kedalam wadah. Masukkan tiga gelas air putih lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu saring, air rebusan dapat diminum  sabanyak 3 kali sehari sebelum makan secara teratur.

3. Obat jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang memproduksi kelenjar minyak secara berlebihan yang kemudian bercampur dengan polusi sehingga menimbulkan jerawat.

Cara pengolahan sirih merah sebagai obat jerawat adalah sebagai berikut :

Sediakan 10 lembar daun sirih merah.
Giling daun tidak sampai halus.
Seduh dengan air panas kemudian tunggu sampai air dingin baru dibasuh pada bagian wajah yang berjerawat. Lakukan secara teratur satu kali dalam dua hari.

4. Mengobati sakit gigi

Cara pengolahan daun sirih merah untuk sakit gigi adalah sediakan 3 lembar daun sirih merah lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah hasil rebusan tinggal satu gelas maka saring air rebusan tersebut, tunggu sampai dingin kemudian kumur – kumur dengan air rebusan tersebut. Lakukan sampai rasa sakit gigi perlahan menghilang.

5. Obat kanker payudara

Kanker payudara adalah kondisi sel yang tumbuh tidak normal dan tidak terkendali dengan cepat. Kanker payudara secara umum banyak menyerang kaum wanita.
Berikut cara pengolahannya : 
Sediakan 10 lembar daun sirih merah
Sediakan juga batang yang diambil dari daun sirih merah
Masukkan bahan diatas kedalam wadah untuk direbus
Minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari secara teratur

6. Menghilangkan bau badan

Cara untuk menghilangkan bau badan adalah sediakan lima lembar daun sirih merah. Kemudian direbus dengan dua gelas air putih. Setelah tinggal satu gelas air putih saring untuk diambil airnya dan setelah dingin dapat diminum.

7. Mengobati penyakit prostat

Cara untuk mengobati penyakit prostat adalah sediakan lima lembar daun sirih merah untuk direbus dengan dua gelas manfaat air putih yang memiliki banyak kegunaan. Kemudian setelah tinggal satu gelas air putih saring airnya untuk diminum. Minum sebanyak dua kali sehari secara teratur.

8. Mengobati batuk

Cara pengolahannya adalah sebagai berikut : 

Sediakan 5 lembar daun sirih merah
Sediakan dua lembar daun bidara. Daun bidara memiliki ciri kecil. tinggi sekitar 15 meter dan mempunyai cabang. Daun ini hidup ditempat – tempat yang kering.
Sediakan Madu. 
Rebuslah dengan tiga gelas air  dengan 5 lembar daun sirih dicampur dengan dua lembar daun bidara. 
Saring air rebusan setelah dingin tambahkan madu secukupnya.
Air rebusan ini dapat diminum dua kali dalam sehari secara teratur untuk solusi batuk.

9. Mengurangi produksi air susu ibu

Bagi ibu yang baru melahirkan ada dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama adalah produksi air susu ibu yang sedikit. Dan yang kedua produksi air susu ibu yang berlebih. Banyak sekali manfaat asi ekslusif bagi ibu dan anak. Jika produksi asi yang berlebih dan memang rasanya sudah melebihi kebutuhan maka dapat dikurangi agar tidak mubazir dengan cara sebagai berikut : 
  1. Sediakan satu lembar daun sirih merah
  2. Daun sirih merah diolesi minyak kelapa.
  3. Daun sirih merah dibakar sedikit saja bagiannya. Kemudian ditempel pada daerah sekitar payudara.

10. Melancarkan buang air kecil

Dengan bertambahnya usia kadang menyebabkan sebagian orang mengalami susah buang air kecil. Jika mengalami susah buang air kecil maka jus daun sirih merah dapat dijadikan sebagi obatnya. Cara pengolahan daun sirih merah adalah sebagai berikut : 
Sediakan 5 lembar daun sirih merah
Manfaat madu dan manfaat susu
Daun sirih merah diblender seperti membuat jus kemudian tambahkan madu dan susu sesuai selera. 
Jus daun sirih merah ini dapat diminum satu kali dalam seminggu.
Kandungan Daun Sirih Merah
Daun sirih merah memiliki kandungan flavonoid, saponin, alkoloid, minyak atsiri, tanin dan cineole dan eugenol. 
Berikut ini penjelasan masing – masing senyawa tersebut :
Flavinoid adalah senyawa yang mengandung warna ungu, biru dan merah yang banyak terdapat pada alam. 
Saponin adalah senyawa aktif yang berfungsi untuk anti mikroba
Alkoloid adalah senyawa yang berfungsi sebagai anti kanker, anti inflasi dan banyak terdapat pada organisme alami. 
Minyak atsiri pada daun sirih merah berfungsi untuk anti radang dan anti septik. minyak atsiri ini mengandung bau yang harum. 
Tanin adalah senyawa yang banyak terdapat pada tumbuhan yang tidak larut pada air.
Eugenol adalah senyawa yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada daerah yang sakit.
Daun sirih merah dipercaya sejak dahulu untuk mengobati berbagai penyakit. Karena kandungan yang terdapat didalamnya. Senyawa yang ada di dalam daun sirih merah sangat berperan dalam membantu proses penyembuhan.