Kasiat 30 Manfaat dan Khasiat Sayuran Hijau untuk Kesehatan

 Kasiat 30 Manfaat dan Khasiat Sayuran Hijau untuk Kesehatan

Khasiat.co.id – Sayuran Hijau adalah sayuran berwarna hijau. Di mana struktur tubuhnya didominasi warna hijau. Sayuran ini tentu saja kaya dengan zat hijau daun yang dikenal sebagai klorofil, untuk membantu fotosintesis.
manfaat sayuran hijau, kandungan gizi sayuran hijau, jenis sayuran hijau, green vegetablesSayuran Hijau sangat lezat rasanya. Banyak orang percaya memakan sayuran hijau mentah atau direbus sebentar bisa membuat nafsu makan membara. Memang jenis sayuran hijau seperti Sawi dan Kubis sangat cocok dijadikan kudapan penambah nafsu makan. 
manfaat sayuran hijau, kandungan gizi sayuran hijau, jenis sayuran hijau, green vegetables 
Memasak Sayur Hijau tidak boleh terlalu matang, sebab akan merusak kandungan gizinya. Sayuran ini bahkan lebih baik dijus saja, supaya gizinya bisa maksimal masuk ke tubuh. Biasanya untuk membuat jus sayuran, seseorang harus menambahkan buah, supaya rasanya tidak terlalu pahit dan manis asamnya.
Di bawah ini kami sajikan data tentang manfaat sayur hijau untuk kesehatan:

1. Penambah Nafsu Makan

Tentu seperti dijelaskan di atas, manfaat sayuran hijau bisa menambah nafsu makan. Ketika seseorang mengalami gangguan nafsu makan, amat disarankan untuk makan sayur hijau ini. Sebaiknya dimakan bersama nasi hangat. 

2. Penstabil Mood

Manfaat sayuran hijau juga bisa untuk penstabil mood. Saat anda merasa stress sekali jalani hidup dan terlalu sedih jalani hidup ini. Artinya anda terperosok dalam kubangan depresi, tak ada salahnya memakan sayur hijau ini. Anda bisa mencoba lodeh bayam atau rebusan daun singkong. Dengan tambahan sambal, pasti lebih enak.

3. Mengatasi Kolesterol

Kolesterol juga bisa teratasi dengan memakan sayuran hijau. Caranya, seseorang harus rutin mengonsumsi jus sayuran ini sebanyak 3 kali sehari, seumur hidupnya. Pastilah bakal terbebas dari kolesterol. Perlu anda ketahui, kolesterol sesungguhnya adalah timbunan lemak LDL. Dan lemak ini bisa diusir dengan lemak HDL yang memang banyak terkandung dalam sayuran.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain kolesterol, sayuran hijau juga bisa memaksimalkan kerja hormon insulin, sehingga anda terbebas dari penyakit gula darah atau yang kita kenal sebagai diabetes mellitus.

5. Mencegah Aterosklerosis

Sayuran hijau dipercaya bisa membersihkan saluran pembuluh darah sehingga anda akan terhindar dari aterosklerosis. Sebuah penyakit di mana pembuluh darah arteri mengalami pengapuran.

6. Kaya dengan Vitamin C

Vitamin C juga ternyata melimpah di dalam sayuran hijau. Dengan mengonsumsi vitamin C ini, anda akan memiliki antibody atau sistem imun yang bagus selalu. Sehingga jarang alami sakit.

7. Mengandung Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan tubuh agar bola mata anda selalu sehat dan sistem penyerapan hormon di tubuh anda juga jadi bekerja maksimal. Sayuran hijau kaya dengan vitamin A sehingga bola mata anda akan jernih dan sehat, berbinar terhindar dari gangguan, seperti rabun.

8. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada sayuran hijau akan mampu membersihkan usus anda dari plak-plak timbunan makanan yang mengeras, sehingga pencernaan anda pun lancar.

9. Mencegah Radang Tenggorokan

Seseorang yang banyak minum jus sayuran hijau yang dicampur buah, dianggap akan terhindar dari radang tenggorokan kronis maupun akut. Berani mencobanya? Silahkan, walaupun gaya hidup minum jus ini bagi banyak orang cukup menyakitkan.

10. Anti Kanker

Sayuran hijau kaya dengan asam lemak dan asam amino essensial yang baik untuk mengontrol pertumbuhan sel. Sehingga anda terbebas dari penyakit kanker yang mematikan. Cegahlah kanker segera dengan sayur hijau, sebelum kanker gerogoti tubuh anda!
Demikianlah beberapa manfaat sayur hijau untuk kesehatan. Di bawah ini masih banyak lagi manfaatnya, silahkan dibaca kembali!

Membuat Wajah Jadi Putih

Sekian yang dapat kami sampaikan di artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Dapat menambah wawasan anda di bidang gizi sayuran. Silahkan anda mulai mencoba dari sekarang konsumsi sayur hijau ini. Karena segala upaya kebugaran tubuh, tidak ada satu pun yang sifatnya instant.