Kasiat 7 Manfaat dan Khasiat Daun Pisang Kering untuk Kesehatan

Kasiat  7 Manfaat dan Khasiat Daun Pisang Kering untuk Kesehatan

Khasiat.co.id – Manfaat dan khasiat daun pisang kering mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya. Padahal daun yang sering disebut sebagai kelaras ini tidak bisa kita anggap remeh. Cukup banyak manfaat dan khasiat daun pisang kering tidak hanya sebatas untuk kerajinan atau sebagai bungkus makanan saja, akan tetapi bisa juga kamu manfaatkan sebagai obat herbal.
pisang keringAda beberapa kandungan yang tersimpan di dalam daun pisang kering atau kelaras, yang ternyata mampu mengobati beberapa penyakit ringan seperti sakit tenggorokan bahkan juga mampu menurunkan panas.  
Jadi tidak mengherankan lagi ketika daun pisang kering yang terkadang hanya sebagai pembungkus makanan ternyata mampu untuk mengobati penyakit ringan. Dan tak lain adalah adanya kandungan yang memang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti, batuk, radang tenggorokan dan penurun panas. 
Untuk memanfaatkan daun pisang kering sebagai obat herbal juga hampir sama seperti menggunakan daun-daun lainnya, misalnya seperti menyeduhkan yang hampir mirip seperti mebuat teh, atau dengan cara merebusnya.

Cara membuat obat herbal dari daun pisang kering ;

Kamu bisa mengeringkan daun pisang sendiri atau mengambil daun pisang yang memang sudah kering. 
Jika mengeringkan sendiri maka ambil beberapa daun pisang yang basah lalu kamu cuci bersih dan keringkan di bawah sinar matahari secara langsung
Setelah itu kembali kamu cuci hingga bersih
Selanjutnya kamu tuangkan 3 hingga 4 gelas air bersih ke dalam panci
Selanjutnya kamu masukkan daun pisang yang kering ke dalam panci tersebut
Dan rebus daun pisang kering dengan air hingga airnya hanya menyisakan 1 gelas saja
Diamkan air rebusan daun pisang tersebut hingga benar-benar hangat lalu kamu bisa langsung meminumnya 
Kamu juga bsa mencampurnya dengan madu agar semakin segar ketika kamu meminumnya
Minimal 1 kali dalam seminggu agar semakin cepat sembuh 
Jadi seperti di atasnya cara mengolah daun pisang kering yang dijadikan sebagai obat herbal, dan untuk efek sampingnya pun juga sangat minim sekali. Karena daun pisang meskipun kering atau basah tetap akan dimakan oleh ternak. Jadi pada intinya kamu meminum air rebusan daun ini pun juga tetap aman. 

1. Mengobati sakit tenggorokan

Air rebusan daun pisang yang sudah kering memang cukup manjur untuk mengobati sakit tenggorokan. Misalnya radang yang terkadang sangat susah untuk menelan makanan dan juga untuk minum. Dengan meminum air rebusan daun pisang kering minimal satu kali dalam sehari maka akan semakin mereda sakit tenggorokan kamu.

2. Menurunkan suhu panas tubuh

Bisa juga diartikan sebagai demam dengan tingkat suhu dalam tubuh meningkat lebih tinggi. Manfaat dan khasiat daun pisang kering salah satunya adalah mampu menurunkan suhu panas tubuh dan juga menghentikan rasa demam.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu kandungan yang mampu meningkatkan daya tubuh adalah allantolin yang ada di dalam daun pisang kering. Maka tidak mengherankan ketikan daun pisang kering ternyata mampu untuk menurunkan demam. Karena dengan meminum air rebusan daun pisang kering akan meningkatkan daya tahan tubuh maka penyakit seperti demam juga pasti akan sembuh.

4. Menyembuhkan penyakit disentri

Zat aktif yang alami yang ada di dalam daun pisang kering mampu menghentikan peradangan pada usus yang bisa mengakibatkan keluarnya darah ketika buang air besar. Jadi kamu cukup meminumnya minimal 1 kali dalam sehari untuk menghentikan pendarahan ketika buang air besar.

5. Pembungkus makanan

Manfaat dari daun pisang juga bisa untuk membungkus makanan dan tidak hanya daun pisang basah saja yang digunakan. Akan tetapi ada beberapa makanan yang memang mengharuskan menggunakan daun pisang kering. Hal ini dikarenakan untuk menjaga aroma makanan. Selain itu juga memiliki sifat yang higienis jika dibandingkan membungkus makanan menggunakan plastik atau kertas.

6. Untuk kerajinan tangan

Cukup banyak di Negara kita ini yang memiliki tangan-tangan terampil yang mamp mengolah daun kelaras yang terlihat sebagai sampah tapi bisa dijadikan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Misalnya seperti tas yang terbuat dari daun pisang kering, ikat pinggang, gelang. Dan bahkan tak jarang ada seniman yang memanfaatkan daun kering untuk melengkapi karya fashionnya.

7. Sebagai pakan ternak

Salah satu pakan ternak seperti sapi, kambing, dan juga ayam sangat menyukai daun pisang baik basah maupun kering. Dan ada juga pakan ternak yang sudah jadi atau olahan yang memakai bahan utama dari daun pisang kering. Hal ini dikarenakan daun pisang yang sudah kering memiliki protein yang cukup tinggi, jadi untuk meningkatkan berat badan pada ternak.