Pertanian Cara Budidaya Pisang Raja Berkualitas

Pertanian Cara Budidaya Pisang Raja Berkualitas

Pisang adalah salah satu tanaman buah yang sering dijumpai dan disukai banyak orang. Apalagi jika berada dipedesaan, tanaman ini akan ada banyak sekali pohonnya dengan jenis yang bermacam-macam. Jenis pisang yang bisa dimana dengan rasa enak tanpa harus diolah adalah pisang raja. Dengan warnanya yang kuning saat masak, ini akan membuat orang sangat tergiur untuk menyantapnya. Selain pisang raja, jenis pisang yang banyak disukai orang tanpa harus mengolahnya adalah pisang ambon dan pisang lilin. Budidaya pisang raja kini banyak orang memilihnya karena selain bermanfaat, bisnis pisang juga mampu menghasilkan hasil panen yang menguntungkan. 
Cara Budidaya Pisang Raja

Cara Budidaya Pisang Raja

Tanaman pisang sendiri adalah salah satu buah yang memiliki kaya akan nutrisi didalamnya, dengan kandungan akan kaya mineral, tepung, karbohidrat dan vitamin ini akan sangat bagus untuk pertumbuhan terutama untuk bayi dan anak-anak. Berbagai jenis pisang yang ada, beberapa pisang juga ada yang tidak bisa dimakan sehingga jenis pisang ini hanya bisa digunakan untuk penghias saja. Namun, jika anda mau membudidayakan pisang dengan jenis selain pisang raja ini juga akan memiliki cara yang sama dengan cara budidaya pisang raja yang akan dibahas didalam artikel berikut.

Ada beberapa tahapan dan tips yang bisa diambil untuk cara budidaya pisang raja. Tahapan proses dan tips tersebut diantaranya:

1. Memilih Bibit Unggul Tanaman Pisang

Langkah awal untuk tahap mendapatkan kualitas hasil panen pisang raja yang akan di budidayakan adalah dengan memilih bibit unggulnya. Bibit unggul dari pisang raja yang mampu menghasilkan kualitas tanaman terbaik harus memiliki tinggi pohon sekitar 1 sampai ½ meter dengan memiliki akar atau umbi yang mampu menjalar kurang lebih selebar 20 cm. Sehingga jika anda memang ingin budidaya pisang raja dengan hasil berkualitas, usahakan bibitnyapun dipilih dengan buah dan batang yang terbaik pula. Langkah awal ini adalah salah satu tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam hasil panen pisang yang akan didapatnya.

2. Menyiapkan Bibit Unggul Pohon Pisang Raja

Tanaman pisang dengan bibit unggul yang sudah dipilih, saat akan menanamnya jarak kerapatan tanaman harus mencapai 2-3 m dari masing-masing pohon yang akan ditanam. Ini dilakukan supaya pisang raja mampu menghasilkan buah dengan jumlah tunas sekitar 7-9 buah. 

3. Lahan Dan Media Tanaman Pisang Raja

Langkah selanjutnya dalam budidaya pisang raja adalah dengan menyiapkan media ataupun lahan yang memiliki kuantitas dan kualitas tanah terbaik. Sebelum menanam pohon pisang, tanah yang sudah dipilih harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan rumput supaya pohon pisang tidak berebut nutrisi dengannya. Selain itu, penggemburan tanah ini juga akan sangat membantu dalam proses hasil pisang yang berkualitas. 

4. Cara Menanam Pohon Pisang Raja

Setelah melakukan langkah diatas dengan benar, sekarang adalah cara untuk menanam pohon pisang yang mampu menghasilkan panen terbaik. Untuk cara menanamnya, pertama pastikan jarak sudah dibuat cukup renggang seperti cara di atas. Kemudian, buat lubang dengan ukuran sekitar 50 x 50 cm dan kedalamannya mencapai 50 cm. Supaya hasil panen mendapatkan nutrisi dengan baik, sebaiknya saat akan menanamnya diusahakan akan menjelang musim hujan supaya kadar airnya tercukupi. Selain itu, saat akan menanamnya lubang pohon yang sudah digali diberi pupuk kompos dengan takaran kurang lebih 10-20 kg. Pemberian pupuk ini juga akan sangat penting karena ini akan sangat berpengaruh pada rasa dan ukuran dari pisang raja yang akan dipanennya. 

5. Memelihara Pohon Pisang Raja

Langkah terakhir dalam mendapatkan kualitas terbaik adalah dengan merawat pisang supaya terhindar dari hama, dan berbagai halangan yang ada. Langkah terakhir ini sering menjadi kendala para petani untuk mendapatkan hasil kualitas panennya. Untuk itu, supaya pisang dapat dijaga dan dirawat dengan baik, anda bisa menggunakan cara dengan melakukan penyiangan dan penjarangan. Rumpun dalam satu pohon pisang raja, sebaiknya memiliki 3 sampai 4 batang supaya bisa dilakukan penjarangan. Kemudian, pilih batang pisang yang baik dan kuat, namun untuk batang yang kecil atau cacat bisa segera dipotong. Lalu melakukan penyiangan ini juga akan bisa membantu anda dalam mengusir gulma dan mengendalikan rumput serta bisa digunakan juga untuk menjaga kegemburan tanah. Untuk melakukan penyiangan pastikan akar yang ada dibawah permukaan tanah sudah mencapai 15 cm.

Nah, setelah mengetahui akan proses tahapan dalam menghasilkan budidaya pisang raja berkualitas dengan panen terbaik dan menguntungkan. Ada beberapa tips dan kiat sukses yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan hasil panen pisang lebih banyak. Pertama, pilihlah pupuk terbaik yang mampu menghasilkan kualitas panen yang menguntungkan. Kedua, pilih tempat penjualan yang sekiranya mampu menjual pisang tanpa harus busuk dan cacat, langkah ini harus diperhatikan dengan sangat baik. Ketiga, berikan rasa dan ukuran bentuk buah pisang yang manis dan gembul. Tips dan kiat ini akan sangat membantu anda dalam mendapatkan keuntungan yang sangat maksimal.