Pertanian Cara sederhana membuat biogas dari kotoran sapi

Pertanian Cara sederhana membuat biogas dari kotoran sapi

Menipisnya ketersediaan gas di bumi kita, maka kita harus mencari alternatifnya yaitu dengan mengolah biogas yang bahannya didapatkan di sekitar kita untuk digunakan menjadi sumber gas. Banyak bahan yang dapat digunakan untuk membuat biogas salah satunya yaitu kotoran sapi. Pembuatan biogas dari bahan ini menghasilkan gas berupa gas metan yang mudah terbakar.
Hasil gambar untuk gambar pupuk organik cair dari kotoran sapiBiogas dibuat dengan proses fermentasi dan pada suhu maksimal 35 C, pada suhu tersebut mikroorganisme mampu mengubah bahan organik secara maksimal. Dan hasil dari pengubahan tadi yang disebut dengan biogas. Berikut cara membuat biogas kotoran sapi. 
Alat dan bahan membuat biogas :
Bak penampungan
Yaitu bak yang terbuat dari kotar berukuran 0.5 m X 0.5 m x 0.5 m yang akan digunakan sebagai tempat pengenceran kotoran sapi. 

Plastik penampungan biogas

Plastik ini terbuat dari plastik yang berbahan tebal yang digunakan untuk menampung gas metan yang dihasilkan dan akan disalurkan ke kompor.

Digester

Digester merupakan bagian utama dari instalasi biogas. Untuk membuatnya digunakan bahan bangunan misalnya pasir, batu, bata, semen, cat, besi, pipa dan lain lain. Kompor gas
Kompor gas yang berfungsi sebagai pembakar gas metan dan digunakan untuk memasak. Bak penampungan

kompos

Bak ini berukuran 2x 3 meter. Yang dibuat dengan cara menggali pada tanah dengan kedalaman 1 m. digunakan sebagai penampungan kompos hasil digester.

Cara membuat :

Campur kotoran sapi dengan air dengan perbandingan 1:1 pada bak penampungan sementara.aduk hingga kotoran sapi berupa seperti lumpur.
Kemudian alirkan lumpur kotoran sapi tadi ke digester sampai penuh.
Tambahkan starter yang mudah dibeli di pasaran sebanyak 1 liter serta isi dengan rumen segar yang didapat dari tempat pemotongan hewan. Setelah penuh, tutup kran untuk lanjut ke proses fermentasi. 
Pada hari 1-8 yang dihasilkan yaitu CO2 .sedangkan Pada hari ke 10 fermentasi gas metan sudah mulai dihasilkan. 
Saat sudah 14 hari gas sudah dapat digunakan untuk memasak di kompor gas atau media lainnya. Biogas yang dihasilkan ini tidak berbau kotoran sapi. 
Jangan lupa pada Digester selalu diisi dengan kotoran sapi yang sudah di buat seperti lumpur pada awal tadi.