5 Buah Pengusir Tikus yang Paling Ampuh

5 Buah Pengusir Tikus yang Paling Ampuh


Tikus merupakan salah satu binatang yang menjadi hama dan sering kali meresahkan. Tidak hanya menjadi hama di lahan persawahan saja, tikus juga menjadi hama di rumah. Keberadaan tikus yang banyak memang sangat mengganggu, terlebih lagi tikus adalah salah satu binatang yang kotor sehingga menjadi sarang penyakit. 
Nah, untuk mengusir tikus salah satu caranya yaitu dengan menggunakan buah. Buah pengusir tikus sangat efektif untuk mengusir tikus-tikus yang ada di sawah maupun di rumah.
Ada banyak buah pengusir tikus yang bisa kamu coba gunakan, beberapa diantaranya yaitu:
daun sirsak untuk mengusir tikus

Daftar Isi

1.  Buah Bintaro


Buah bintaro termasuk salah satu buah yang sangat efektif untuk mengusir dan membunuh tikus. Di dalam buah ini mengandung racun yang bisa membunuh tikus hanya dalam hitungan beberapa detik saja.
Untuk mengusir tikus dengan menggunakan bintaro sangatlah mudah, yaitu potonglah bintaro menjadi dua kemudian tempatkan di tempat yang sering dilalui tikus. Tikus yang memakan buah ini akan segera mati dalam hitungan detik saja.

2 Buah Sirsak

Buah sirsak mempunyai duri yang tajam dan mungkin ditakuti oleh tikus. Namun yang digunakan untuk mengusir tikus bukanlah duri buahnya melainkan daun buah sirsak. Aroma yang dikeluarkan dari daun sirsak sangat menyengat dan kurang enak.

Karena aromanya yang kurang sedap inilah, daun sirsak sangat efektif untuk mengusir tikus. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sobek-sobeklah daun sirsak kemudian tempatkan di daerah yang sering dilalui tikus. Niscaya dalam hitungan jam saja tikus akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

3. Buah Durian

Buah pengusir tikus yang cukup efektif adalah durian. Durian mempunyai bau yang sangat menyengat dan kulit buahnya juga mempunyai duri yang tajam. Adapun untuk mengusir tikus, kamu bisa menggunakan daging buah durian dan kulit buah durian.
Daging durian yang sangat menyengat sangat tidak disukai tikus dan membuat tikus enggan untuk mendekat. Sedangkan kulit buah durian yang tajam juga ditakuti tikus.

4. Buah Mengkudu

Buah pengusir tikus alami lainnya yaitu mengkudu. Mengkudu atau yang disebut juga dengan buah pace merupakan buah yang mempunyai aroma tidak sedap. Terlebih lagi buah mengkudu yang sudah matang aromanya sangat tidak disukai oleh tikus.
Untuk mengusir tikus dengan buah mengkudu ini, cukup dengan cara meletakkan potongan buah mengkudu matang di tempat yang dilalui tikus.

5. Buah Kopi

Buah pengusir tikus yang sangat efektif adalah kopi. Adapun biji atau buah kopi tidak disukai tikus karena aromanya yang sangat mengganggu pernapasan tikus. Kamu hanya perlu menempatkan buah kopi di tempat yang banyak tikusnya saja maka tikus akan hilang. 
Jika buah kopi sulit ditemukan, kamu bisa menggunakan bubuk kopi hitam. Kamu juga bisa mencoba sendiri untuk melakukan budidaya tanaman kopi. 
Menggunakan buah pengusir tikus lebih aman dibandingkan dengan menggunakan racun tikus ataupun lem tikus. Banyak petani yang menggunakan buah-buahan ini untuk membantu mengusir tikus di sawahnya. Penggunaan buah ini membuat sawah menjadi bebas dari hama tikus, sehingga hasil padi bisa maksimal. 
Untuk mengusir tikus di rumah, sangat disarankan dengan menggunakan salah satu buah untuk mengusir tikus ini. Adapun cara mengusir tikus dengan menggunakan buah juga lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan racun tikus. Selain itu, tingkat keamanannya juga jauh lebih tinggi. 
Buah yang digunakan untuk mengusir tikus ada beberapa yang bagus untuk dikonsumsi. Dengan buah pengusir tikus, kamu tidak perlu meracik racun tikus dengan makanan sisa namun hanya perlu menempatkan buah di sekitar rumah saja. 
Dijamin beberapa hari setelah penempatan buah tersebut tikus-tikus yang banyak bersarang di atap rumah akan pergi dengan sendirinya. Nah, untuk mencegah tikus datang kembali, sebaiknya kamu tetap menjaga kerapian rumah. 
Hindari menumpuk barang yang bisa dijadikan sebagai sarang tikus. Hal ini karena rumah yang bersih dan rapi tentu saja akan bebas dari hama tikus.