Kasiat 10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan


Kasiat 10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan | Blackberry? Tentu tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Sala satu brand smartphone yang booming beberapa tahun lalu seperti menjadi salah satu fenomena bagi kita. Namun, ternyata blackberry yang dimaksudkan disini adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehanta kita.  
10 Manfaat Buah Blackberry untuk KesehatanSangat wajar sekali jikaa buah blackberry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalam buah blackberry. Apa saja? Berikut ini adalah daftar nutrisi buah blackberry yang harus anda ketahui. 

10 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

  1. Nutrisi dalam Buah Blackberry
  2. Nutrisi Kandungan per 100 gram % Nilai harian
  3. Energi 43 kcal -
  4. Total serat 5.3 g 21%
  5. Total gula 4.9 g -
  6. Kalsium, Ca 29 mg 3%
  7. Magnesium, Mg 20 mg 5%
  8. Mangan, Mn 0.6 mg 32%
  9. Copper, Cu 0.2 mg 8%
  10. Potassium, K 162 mg 5%
  11. Natrium, Na 1 mg 0%
  12. Vitamin C 21 mg 35%
  13. Vitamin A, IU 214 IU 4%
  14. Vitamin K, µg 20 µg 25%
  15. Asam folat, µg 36 µg 9%
  16. Beta Karotena 128 µg ne
  17. Lutein + zeaxanthin 118 µg ne
 
Bagaimana? sangat banyak sekali bukan? Buah ini mengandung serat pangan, Vitamin C vitamin K, asam folat, vitamin B, mineral esensial dan mangan. Selain sehat buah ini juga enak lo. Tahukah anda? Ekstrak tanaman blackberry kaya akan anthrocyanin, flavonoid, dan senyawa fenol. Blackberry juga mempunyai kemampuan menyerap radikal oksigen (ORAC) melawan radikal perosokil, superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen. 

Asal usul buah blackberry

Buah blackberry merupakan buah yang sudah ada sejak ribuat tahun yang lalu. Blackberry terdapat banyak di daerah bagian timur Amerika Utara dan pantai Pasifik, Kepulauan Inggris, serta eropa barat. Blackberry merupakan buah yang dapat dimakan diproduksi oleh beberapa spesies dalam genus Rubus dari famili Rosaceae. 
Buah ini sebenarnya bukanlah merupakan berry, secara botani itu disebut buah agregat, terdiri dari drupelet kecil. Tanaman biasanya berumur dua tahunan dan akar tongkat abadi. Blackberry dan raspberry juga disebut caneberries atau semak berduri.

Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Dari segitu banyak kandungan nutrisi buah blackberry sangat wajar jika buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita, diantaranya adalah:
Manfaat Buah Blackberry untuk Memperkuat daya tahan
 Manfaat pertama buah ini adalah untuk memperuat daya tahan tubuh kita. Hal ini dikarenakan kandungan buah ini bahkan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan blueberry.Masih ada banyak lagi manfaat vit. C tentunya, selain untuk menjaga kesehatan jantung juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit.

Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan pencernaan

 Sebagaimana sudah disebutkan jika buah ini mengandung serat pangan, sebagaimana fiketahui serat pangan bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. selain itu juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. 
Manfaat Buah Blackberry untuk Sembuhkan luka kulit
 Kandungan tenin pada buah blackberry bermanfaat untuk menyembuhkan luka, anda cukup mengoleskan pada kulit yang sedang terluka.

Manfaat Buah Blackberry untuk Membantu melawan sel kanker

 Satu lagi manfaat yang sangat luar biasa dari buah ini adalah karena kandugan anthocyanin atau sekelompok pigmen pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu buah blackberry mengandung senyawa kimia C3G (flavonoid) yang terbukti secara aktif, mampu untuk melawan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit kanker kulit dan penyakit kanker paru-paru dengan cara anda rutin mengkonsumsinya.

Manfaat Buah Blackberry untuk Melindungi mata dari kerusakan

 Dengan mengkonsumsi Buah blackberry maka mata anda bisa menjadi lebih sehat, hal ini dikarenakan kandungan lutein yang berfungsi melindungi mata dari pembentukan pigmen makul, yang merupakan daerah mata paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang retina. Lutein membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet atau sinar mataahari.

Manfaat Buah Blackberry untuk Pembetukan tulang

 Selain manfaat di atas, Buah blackberry yang menganung mangan dapat membentuk jaringan ikat tubuh juga untuk membangun setruktur tulang yang kuat.

Manfaat Buah Blackberry untuk Meningkatkan pertumbuhan sel

 Kandungan folat (vitamin B9) pada Buah blackberry berperan penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel sehat. Wanita hamil sangat dianjurkan sekali untuk memakan Buah blackberry ini karena baik sekali untuk menjauhkan dari resiko bayi lahir cacat.

 Manfaat Buah Blackberry untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Buah blackberry juga dapat menjaga kesehatan jantung anda, sangat baik sekali bagi anda untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur untuk mendapatkan jantung sehat.
 Manfaat Buah Blackberry untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, maka salah satu untuk menurunkannya adalah dengan mengkonsumsi buah ini.
Manfaat Buah Blackberry untuk Menjaga Organ Pernapasan