Kasiat dan Manfaat Biji Salak Untuk Kesehatan – Buah – Daun – Kulit

Kasiat dan Manfaat Biji Salak Untuk Kesehatan – Buah – Daun – Kulit

Salak merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan di daerah beriklim tropis termasuk di Indonesia. untuk mendapatkan buah salak ini sangatlah mudah di Indonesia karena buah salak hampir tidak mengenal musim. Hampir di seluruh penjuru Indonesia dapat ditanami salak. Salak memiliki rasa buah yang khas yaitu perpaduan dari manis, asam dan sepat namun inilah yang menjadi ciri khas dan sangat disukai oleh masyarakat. selain rasanya yang enak ternyata buah salak juga mengandung banyak gizi serta nutrisi yang baik untuk kesehatan. 
Hasil gambar untuk khasiat biji salak
Salah satu jenis salak yang cukup terkenal adalah salk pondoh. Salak pondoh merupakan salak yang terdapat di daerah Yogyakarta terutama di kabupaten sleman pada lembah gunung merapi. Keunggulan dari salam pondoh ini adalah rasanya yang enak manis serta tidak sepat meskipun masih muda. Keunggulan ini ternyata tidak bisa disaingi oleh salak manapun dan disinyalir hal ini dikarenakan karena tempat menanamnya yang mengandung abu dari gunung merapi.

Salak pondoh sendiri memiliki banyak varietas lagi seperti misalnya salak pondoh super, salak pondoh hitam, salak pondoh gading, salak pondoh nglumut yang memiliki ukuran jumbo serta salak pondoh jenis lainnya. semua jenis salak pondoh ini dapat anda temukan di berbagai toko terutama di yogkarta. Namun seiring dengan perkembangan zaman, salak pondoh tidak hanya ditanam di sleman saja namun juga sudah merambah ke berbagai daerah lainnya seperti banjarnegara, wonosobo, kuningan, banyumas dan lainnya. biasanya daerah yang ditanami salak ini lebih banyak ditemukan di daerah pegunungan.

Kandungan buah salak

Bukan hanya rasanya saja yang enak namun buah salak juga mengandung berbagai jenis kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. di dalam buah salak mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalori, zat besi, vitamin A, vitamin C serta air. Kandungan ini sudah cukup baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh. 
Ironisnya sampai saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa dengan memakan salak akan membuat sembelit dan pencernaan tidak lancar. Tentu saja hal tersebut tidak benar karena salak juga mengandung serat. Namun memang jika anda mengonsumsinya terlalu banyak bisa jadi anda dapat mengalami sembelit atau susah buang air besar. Jadi bijaklah saat mengonsumsi buah salak ya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita diabetes – manfaat buah jeruk purut – manfaat buah nanas untuk diet.

Manfaat salak

Hampir seluruh bagian dari tanaman salak memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan sehari-hari. Buah salak tidak hanya bisa dimakan saat masih segar dalam kulitnya saja namun juga bisa dijadikan menjadi beberapa jenis olahan seperti manisan, keripik salak, asinan dan buah salak yang dikalengkan serta berbagai jenis makanan dari salak lainnya. salak yang masih muda juga bisa dijadikan rujak bahkan ada beberapa orang yang membuatnya menjadi sayur salak yang memiliki rasa unik dank has dan pastinya akan membuat lidah anda bergoyang. 
Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, daun salak juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai jenis anyaman atau atap setelah daunnya mongering. Namun anda harus pastikan bahwa duri yang ada di pinggiran daun salak sudah dibersihkan ya supaya lebih aman. Untuk tangkai salak juga memiliki manfaat yaitu untuk dijadikan pagar. Biasanya dijadikan pagar untuk pohon salak yang masih tumbuh hal ini digunakan untuk membuat pencuri tidak mau mengambil buah salak karena pagar dari ranting buah salak ini berduri cukup tajam. 

Manfaat buah salak

Ada beberapa manfaat dari buah salak yang bisa didapatkan, selengkapnya simak berikut ini:
Menjaga kesehatan mata 
Di dalam salak mengandung betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Betakaroten merupakan zat yang ada di dalam buah wortel yang juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan betakaroten yang ada di dalam salak 5 kali lebih besar dibandingkan yang ada di dalam mangga dan 3 kali lebih besar dari buah jambu, serta 5 kali lebih besar dari semangka. Bagaimana sangat menyehatkan bukan? Saat ini juga sudah ada produk bolu salak dan brownis salak yang rasanya enak dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Mengatasi diare

Kandungan tanin yang ada di dalam buah salak sangat baik untuk membuat diare berhenti seketika. Jadi jika anda memakan buah salak anda bisa mengatasi diare dengan cara yang enak. Namun demikian untuk para ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi salak berlebihan karena bisa menyebabkan konstipasi dan sembelit. Jika memakannya sebaiknya jangan buang kulit arinya karena di sanalah terkandung serat yang bisa melancarkan pencernaan.

Manfaat biji salak

Selain buahnya yang bermanfaat, ternyata biji salak juga sangat baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan biji salak mengandung polineol yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah sehingga sangat cocok bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Lalu bagaimana cara mengolah biji salak supaya dapat dikonsumsi? Anda tentunya tidak mungkin kan memakan biji buah salak secara langsung karena biji salak sangatlah keras dan pastinya rasanya tidak enak. 
Untuk mensiasati hal tersebut maka anda bisa mengolah biji salak ini menjadi kopi.. yang saat ini kopi biji salaj sudah menjadi beberapa alternatif pengobatan herbal dari biji salak. Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja karena hampir sama dengan cara membuat kopi pada umumnya. Caranya adalah sebagai berikut: 
Siapkan biji salak dan jemur hingga benar-benar kering setidaknya selama seminggu di bawah sinar matahari langsung. 
Setelah kering benar kemudian biji salak ditumbuk dengan alat penumbuk sampai cukup halus,
Pada penumbukan pertama harus dilakukan pengayakan atau penyaringan serbuk salak dan untuk memisahkan mana serbuk yang sudah halus dan yang belum. 
Serbuk salak yang sudah halus dipisahkan sedangkan yang masih kasar ditumbuk lagi sampai halus dan begitu seterusnya. 
Setelah mendapatkan bubuk biji salak yang benar-benar halus maka selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyedu kopi dari biji salak dengan air panas. 
Anda bisa menikmati kopi dari biji salak ini dengan ditemani camilan seperti roti atau gorengan di sore hari supaya lebih nikmat.
 
Kopi dari biji salak ini mungkin masih sedikit asing bagi anda namun rasanya tidak kalah dengan kopi biasanya dan masih ada aroma salaknya sehingga rasa dan aroma sangat khas. Anda bisa membeli kopi salak ini juga karena saat ini sudah ada beberapa produsen yang membuat kopi biji salak karena manfaatnya yang ternyata ampuh usir tekanan darah tinggi. 
Keunggulan biji salak lainnya adalah tidak mengandung kafein yang bisa membuat detak jantung tidak beraturan. Mampu meredakan berbagai penyakit seperti asam urat dan tekanan darah tinggi. tidak menimbulkan perih di lambung seperti biji kopi pada umumnya dan mampu mencegah berbagai jenis penyakit misalnya saja diabetes, jantung dan tumor. Hal menariknya lagi kopi salak juga ada berbagai varian rasa seperti kopi biji salak capucino, mocacino dan lainnya yang membuat rasa lebih enak.

Manfaat kulit salak

Kulit salak juga jangan dibuang, selain bisa dibuat menjad beberapa jenis kerajinan, kulit salak juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. berbagai jenis penyakit bisa anda sembuhkan dengan ramuan kulit salak. Bagaimana cara membuatnya? Simak berikut ini:
  1. Siapkan kulit salak yang sudah dicuci bersih secukupnya
  2. Masukan ke dalam kuali bersama dengan air putih bersih dan kemudian rebus
  3. Cara merebusnya disarankan menggunakan api kecil hingga air mendidih
  4. Setelah mendidih kemudian saring dan minum airnya.
  5. Kulit salak yang sudah direbus tidak boleh digunakan lagi atau harus dibuang.
  6. Jika anda tidak terlalu suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkan gula jawa, gula batu atau madu serta daun salam atau daun sereh untuk mendapatkan aroma dan rasa yang lebih nikmat.
  7. Lakukanlah secara rutin tiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Daun salak seperti daun kepala yang bisa dimanfaatkan menjadi beberapa jenis variasi kerajinan. Namun selain itu ternyata daun salak bisa dimanfaatkan menjadi ramuan yang baik untuk kesehatan tubuh. cara untuk menggunakannya pun sangat mudah yaitu adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan daun salak secukupnya dan cuci hingga bersih
  2. Rebuslah daun salak yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan 200 cc air untuk tiga lembar daun salak
  3. Setelah itu tunggu hingga mendidih
  4. Anda bisa menambahkan gula jawa atau madu untuk memberikan rasa enak pada ramuan daun salak ini.
  5. Jangan lupa untuk membersihkan bagian duri yang ada di pinggiran daun salak karena supaya lebih aman bagi anda saat hendak mengolahnya.
  6. Minumlah ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.