Kasiat dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit dan Rambut

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit dan Rambut

 Manfaat Daun Kemangi

Daun kemangi yang dimakan mentah atau digunakan sebagai pasta, daun kemangi menawarkan berbagai manfaat bagi kulit. Selain itu, daun kemangi bermanfaat untuk rambut dan dapat membantu untuk menyingkirkan sejumlah masalah rambut. Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi untuk kulit dan rambut  :
10. Pencegahan Jerawat
Manfaat Daun KemangiManfaat daun kemangi mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.
sponsored links
 

 Pencegahan Komedo

Daun kemangi juga mencegah munculnya komedo. Daun kemangi pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung  selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka.

Pengobatan Infeksi Kulit

Karena sifatnya yang anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti sehingga daun kemangi dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. Pengobatan yang disiapkan dengan menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.

Mencegah Rambut Beruban

Untuk tujuan ini, rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya. Hal ini untuk mencegah beruban rambut serta rambut rontok.

Pencegahan Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

Pemilihan dan penyimpanan Daun Kemangi

Tanaman kemangi dapat tumbuh sebagai tanaman dalam pot di halaman belakang sehingga daun dan bunganya segar dapat segera dipanen untuk digunakan. Memilih daun kemangi segar organik atau bentuk daun namun daun segar selalu lebih unggul dalam kualitas dan rasa. Daun kemangi harus memiliki daun hijau tua dan bebas dari bintik-bintik gelap atau menguning. Namun radiasi matahari membuat daun kemangi kering dan secara signifikan menurunkan kadar vitamin C dan karoten. 
Daun kemangi segar harus segera disimpan dalam lemari es dan ditempatkan pada kelembaban yang tepat. Kemangi kering harus disimpan dalam wadah kaca tertutup rapat di tempat yang dingin, gelap dan kering di mana ia akan tetap segar selama enam bulan.