Pertanian Ingin Kaya dari Pala? Pilih Biji yang Bekualitas

Pertanian Ingin Kaya dari Pala? Pilih Biji yang Bekualitas

Bukan rahasia lagi kalau pala nilai jualnya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting di Indonesia. Namun untuk mendapatkan buah pala yang berkualitas sendiri harus dibutuhkan bibit tanaman yang berkualitas, dan pembibitan pala biasanya melalui biji.
Buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting di Indonesia. (Ist)
Untuk itulah diperlukan pemilihan biji pala yang berkualitas agar menghasilkan tanaman serta buah yang berkualitas. Karena dengan pemilihan biji yang berkualitas yang telah terseleksi, dapat dipastikan buah yang dihasilkan nantinya akan menghasilka buah yang bermutu dan bernilai jual tinggi. 
Perbanyakan dengan biji dapat dilakukan dengan mengecambahkan biji. Dalam hal ini biji yang digunakan dapat berasal dari biji sapuan yaitu biji yang dikumpulkan begitu saja tanpa diketahui secara jelas dan pasti mengenai pohon induknya. Kemudian biji terpilih yaitu biji yang berasal dari pohon induk yang telah diketahi secara jelas. Dalam hal ini ada 3 macam biji terpilih, yaitu:
 

Unik, Pohon Pisang di Cianjur Ini Bertandan Tujuh!

Biji legitiem, yaitu biji yang diketahui dengan jelas pohon induknya (asal putiknya jelas diketahui). 
Biji illegitiem, yaitu biji yang berasal dari tumpang sari yang tidak diketahui, tetapi asal putiknya jelas diketahui. 
Biji propellegitiem, yaitu biji yang berasal dari hasil persilangan dalam satu kebun yang terdiri dua klon atau lebih. 

Berikut adalah cara memilih biji pala yang berkualitas :

Biji-biji yang akan digunakan sebagai benih harus berasal dari buah pala yang benar-benar telah masak. Buah pala yang bijinya akan digunakan sebagai benih harus berasal dari pohon pala yang mempunyai sifat-sifat seperti pohonnya sudah dewasa dan tumbuh sehat, mampu berproduksi tinggi dan kualitasnya baik. 
Setelah biji-biji sudah dipastikan berasal dari pohon induk terpilih kemudian di seleksi juga kualitas dan kondisi biji yaitu pilih biji-biji yang ukurannya besar dengan bobot minimum 50 gram/biji, pilih biji yang bentuknya agak bulat dan simetris, kulit biji berwarna cokelat kehitam-hitaman dan mengkilat, kondisi biji tidak terserang oleh hama dan penyakit. Buah pala yang dipetik dari pohon dan akan dijadikan benih harus segera diambil bijinya, paling lambat dalam waktu 24 jam biji-biji tersebut harus sudah disemaikan. Hal ini disebabkan oleh sifat biji pala yang daya berkecambahnya dapat cepat menurun. 
Setelah biji-biji pala yang akan di gunakan sebagai benih telah terseleksi barulah siapkan penyemaian kemudian barulah tanam benih pala pada lahan yang sudah disediakan.
Nah, selamat menanam pala ya!