Bahas Korut, Bos CIA Lakukan Kunjungan Mendadak ke Korsel

 Bahas Korut, Bos CIA Lakukan Kunjungan Mendadak ke Korsel

SEOUL - Kepala badan intelijen Amerika Serikat (AS) atau CIA, Mike Pompeo dilaporkan melakukan kunjungan mendadak ke Korea Selatan (Korsel). Menurut laporan media Korsel, kunjungan Pompeo ini secara khusus untuk membahas mengenai ancaman nuklir Korea Utara (Korut).
Bahas Korut, Bos CIA Lakukan Kunjungan Mendadak ke KorselMenurut kantor berita Korsel, Yonhap, seperti dilansir Sputnik pada Senin (1/5), Pompeo tiba di Seoul pada hari Sabtu dan mengadakan pertemuan dengan sejumlah pejabat Korsel, khususnya dengan kepala Dinas Intelijen Nasional, Lee Byung-ho.  
Pada hari Minggu, direktur CIA bertemu dengan Duta Besar AS untuk Korsel, Marc Knapper, dan komandan Pasukan AS di Korsel Vincent Brooks. Kunjungan tersebut dilaporkan ditujukan untuk mengkoordinasikan upaya Washington dan Seoul mengenai tindakan provokatif Korut. 
CIA, dan Gedung Putih sendiri sejauh ini belum memberikan keterangan resmi mengenai kunjungan mendadak Pompeo ke Korsel. 
Ketegangan telah memanas selama berminggu-minggu, dengan tanda-tanda bahwa Korut sedang mempersiapkan menguji tembak rudal jarak jauh dan menguji coba senjata nuklir keenam kalinya. Korut bahkan telah memperingatkan bahwa pihaknya akan melakukan uji coba nuklir kapanpun dan dimanapun sesuai perintah sang pemimpin Kim Jong-un.  
Peringatan perihal uji coba senjata nuklir disampaikan Kementerian Luar negeri Korut melalui seorang juru bicara. ”Pyongyang sepenuhnya siap untuk menanggapi pilihan yang diambil oleh AS,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan KCNA. 
AS telah merespons dengan tidak mengesampikan opsi serangan militer untuk menindak rezim Kim Jong-un.