Penasihat Keamanan Trump: Korut Ancaman Serius untuk AS dan China

 Penasihat Keamanan Trump: Korut Ancaman Serius untuk AS dan China

WASHINGTON - Uji coba rudal terbaru Korea Utara (Korut) merupakan pembangkangan terbuka terhadap masyarakat internasional. Demikian yang dikatakan penasihat keamanan nasional Presiden Amerika Serikat (AS), Letnan Jenderal H. McMaster. 
Penasihat Keamanan Trump: Korut Ancaman Serius untuk AS dan ChinaDikatakan oleh McMaster bahwa Korut menimbulkan ancaman serius tidak hanya untuk AS dan sekutunya di Asia, tetapi juga ke China yang merupakan sekutu dekatnya. 
"Penting bagi kita untuk menghadapi rezim ini, rezim yang sedang mengejar persenjataan rudal dengan senjata nuklir. Ini adalah sesuatu yang kita tahu tidak dapat kita toleransi," kata McMaster seperti dikutip dari laman Time, Senin (1/5/2017).
McMaster lantas mengatakan jika Presiden AS, Donald Trump, telah menjelaskan bahwa ia akan menyelesaikan masalah ini dengan satu cara atau cara lain. "Dan apa yang lebih suka kita lakukan adalah bekerja dengan orang lain, termasuk China, untuk mengatasi situasi ini yang tidak dapat dilakukan oleh militer," katanya. 
Itu berarti, katanya, bekerja sama dengan mitra di kawasan dan secara global untuk memberlakukan sanksi PBB saat ini dan mungkin mempercepat sanksi tersebut lebih jauh lagi. "Dan ini juga berarti bersiap untuk operasi militer jika diperlukan," imbuhnya.
McMaster mengatakan Korut adalah tempat di mana kepentingan AS dan China tumpang tindih.