Senator AS Bilang Masalah Korut Bisa seperti Krisis Rudal Kuba

 Senator AS Bilang Masalah Korut Bisa seperti Krisis Rudal Kuba

WASHINGTON - Senator Amerika Serikat (AS) John McCain mengatakan, masalah rudal dan nuklir Korea Utara (Korut) bisa berubah seperti krisis rudal Kuba di masa lalu. Dia minta publik lebih baik melihat apa yang dilakukan Presiden Donald Trump ketimbang yang diucapkannya dalam menindak Pyongyang. 
Senator AS Bilang Masalah Korut Bisa seperti Krisis Rudal KubaDalam sebuah program di CNN, Senator McCain sependapat dengan Trump bahwa China adalah “kunci” untuk menghindari konflik di Semenanjung Korea. 
”China bisa mengerem ini,” katanya. ”(Saya) tidak percaya Kim Jong-un—pemimpin Korut—akan melakukan ini sendiri,” ujarnya, mengacu pada prediksi jika Washington konfrontasi nyata dengan Pyongyang. 
Senator AS Skeptis Trump Bakal Luncurkan Serangan Pre-emptive ke Korut
Ketika ditanya apakah Trump sedang mempersiapkan sebuah serangan pre-emptive terhadap rezim Kim Jong-un, McCain mengatakan; ”Saya tidak berpikir begitu tapi, seperti yang seseorang katakan, ini bisa jadi krisis rudal Kuba dalam gerak lambat.” 
Sementara itu, penasihat keamanan nasional Trump, Letnan Jenderal HR McMaster, kepada Fox News mengatakan bahwa uji tembak rudal terbaru Korea Utara merupakan “pembangkangan terbuka terhadap masyarakat internasional”. 
“Korea Utara menimbulkan ancaman serius tidak hanya bagi Amerika Serikat dan sekutunya di Asia, tapi juga kepada China,” katanya. 
McMaster menambahkan bahwa penting bagi semua pihak untuk menghadapi rezim Pyongyang yang sedang berupaya meledakkan nuklir dengan senjata rudal.”Ini adalah sesuatu yang kami tahu bahwa kami tidak dapat mentolerir,” ujarnya, yang dilansir Senin (1/5/2017).