4 Jenis Makanan yang Wajib Ada Saat Sahur (Beserta Porsinya)

4 Jenis Makanan yang Wajib Ada Saat Sahur (Beserta Porsinya)

Sahur bisa dikatakan sebagai pengganti sarapan Anda saat berpuasa. Ini merupakan jadwal makan pertama Anda untuk memberikan cadangan energi dalam menjalankan aktivitas Anda di hari itu. Sehingga, porsi makan sahur yang cukup sangat penting untuk kelancaran puasa Anda. Jika porsi makan sahur Anda sedikit atau bahkan Anda melewatkan sahur, maka Anda mungkin akan merasa lemas dan tidak kuat menjalankan puasa sampai tenggelamnya matahari.

porsi makan sahurApa saja makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur?

Tentu, Anda harus mengonsumsi makanan yang penuh zat gizi dan dalam porsi yang cukup saat sahur. Ini untuk mengimbangi energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas sampai waktunya berbuka. Makan yang cukup saat sahur juga dapat mencegah Anda dari makan berlebihan saat berbuka, yang bisa mengarah pada kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Berikut ini merupakan makanan yang bisa Anda konsumsi saat sahur:


1. Makanan sumber karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan zat gizi yang dapat menyediakan energi utama bagi tubuh. Sebaiknya pilihlah jenis karbohidrat kompleks untuk dimakan saat sahur. Mengapa? Karena karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama dan memberi energi dalam waktu yang lebih lama pula.

Berapa porsi karbohidrat saat sahur?

Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah oatmeal, roti gandum, nasi merah, sereal, kentang, dan masih banyak lagi. Porsi makan sahur untuk makanan sumber karbohidrat ini adalah sebanyak 1-2 porsi.

2. Makanan sumber protein

Sumber protein juga penting dipenuhi saat sahur. Protein diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh Anda. Selain itu, protein juga diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga, Anda tidak mudah sakit walaupun sedang puasa.

Berapa banyak porsi protein untuk sahur?

Anda bisa memeroleh sumber protein dari daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Konsumsilah makanan sumber protein ini sebanyak 1-2 porsi saat sahur.

3. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan juga tak kalah penting Anda konsumsi saat sahur. Keduanya mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan Anda, seperti kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam berbagai metabolisme dalam tubuh.

Berapa porsi buah dan sayur saat sahur?

Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga mengandung serat yang tinggi. Serat ini bermanfaat dalam membantu agar Anda kenyang lebih lama dan juga dapat membantu mencegah sembelit. Cukupilah kebutuhan buah dan sayur Anda sebanyak 2-3 porsi saat sahur. Anda juga bisa memakan kurma saat sahur untuk mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda per hari.

4. Air putih

Tak ketinggalan, air juga Anda perlukan untuk memperlancar pencernaan Anda, memperlancar metabolisme tubuh, menjaga hidrasi tubuh, dan masih banyak lagi manfaat air lainnya untuk kesehatan Anda. Kebutuhan air yang tercukupi dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Berapa banyak air minum yang dibutuhkan saat sahur?
Anda mungkin perlu minum air sebanyak 2 gelas atau lebih saat sahur. Kebutuhan air setiap orang mungkin akan berbeda.