6 TIPS ATASI BAU MULUT SAAT PUASA AGAR TETAP PEDE

6 TIPS ATASI BAU MULUT SAAT PUASA AGAR TETAP PEDE

www.an.tv – Bau mulut saat puasa pastinya sangat mengganggu aktivitas. Salah satu penyebab bau mulut saat bulan puasa adalah berkurangnya volume air liur atau saliva yang menyebabkan rongga mulut menjadi kering sehingga kuman mudah berkembang. Bau mulut yang tidak sedap pasti akan membuat kita menjadi tidak pede karena mengganggu kita saat berbicara dengan teman atau rekan kerja.
6 Tips Atasi Bau Mulut Saat Puasa
Nah, berikut cara mengurangi bau mulut saat puasa yang dilansir dari berbagai sumber dan dikutip oleh ANTV :

1. Minum Air Putih

Cara yang paling simpel, setelah sahur atau sambil menunggu waktu imsak usahakan untuk minum air putih yang banyak. Minum air putih berfungsi untuk menjaga rongga mulut agar tidak terlalu kering sehingga dapat mencegah bau mulut saat puasa.

2. Obat Kumur Antibakteri

Sikat gigi saja tidak cukup untuk mencegah bau mulut saat puasa, gunakan juga obat kumur antibakteri. Gunanya obat kumur antibakteri untuk memperlambat berkembangnya bakteri di mulut dan membuat nafas tetap segar.

3. Hindari Bawang Mentah dan Bawang Putih

Bau bawang putih dan bawang mentah akan tetap ada sepanjang hari bahkan setelah menyikat gigi. Mulut kalian yang kering saat bulan puasa setelah makan bawang mentah ataupun bawang putih akan memperparah bau yang timbul dari mulut. Untuk itu hindari mengkonsumsi bawang mentah ataupun bawang putih saat bulan puasa.

4. Pergi Ke Klinik Gigi

Cobalah pergi ke klinik gigi untuk membersihkan bagian gigi yang terdapat plak serta menambal gigi yang bolong. Kedua hal tersebut merupakan salah satu penyebab timbulnya bau mulut bila tidak segera diatasi. Jadi tak ada salahnya untuk cek kesehatan mulut sebelum menjalankan puasa.

5. Bersihkan Lidah

Bukan hanya gigi yang harus dibersihkan, lidah juga menjadi salah satu bagian mulut yang harus dibersihkan. Lidah merupakan tempat menempelnya sisa makanan, tak menutup kemungkinan bau yang timbul berasal dari sisa makanan yang menempel pada lidah. Gunakan pembersih lidah untuk menghilangkan plak sisa makanan yang menempel pada permukaan lidah.

6. Buah Dan Sayur

Untuk meningkatkan produksi air liur atau saliva cobalah konsumsi buah dan sayur salah satunya buah apel. Tidak hanya manis buah apel yang memiliki tekstur yang kasar berfungsi menghilangkan sisa makanan saat kita menggigit dan mengunyahnya. Buah apel juga dapat melawan bakteri pada mulut dan menjaga kelembapan mulut sehingga bakteri sulit berkembang. (Meratifa)