AMIEN RAIS MENGAKUI MENERIMA RP 600 JUTA

AMIEN RAIS MENGAKUI MENERIMA RP 600 JUTA

www.an.tv– Aliran dana hingga Rp 600 juta terkait pengadaan alat kesehatan (Alkes), diduga mengalir ‎ke  Amien Rais.  Amien Rais mengakui menerima Rp 600 juta itu.  Namun menurut Amien, aliran dana itu diduga berasal dari Yayasan Soetrisno Bachir. Tudingan menerima uang Rp 600 juta tersebut mengemuka dalam dakwaan jaksa dalam perkara korupsi alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah. Amien Rais  mengakui menerima  Rp 600 juta itu. “Saya langsung mengkonfirmasi dengan menanyakan ke sekretaris pribadi tentang kebenaran terbut. Pasalnya kejadian itu sudah berangsur 10 tahun lalu,”kata Amien dalam konfrensi pers di kediamannya Perumahan Taman Gandaria, Jakarta, Jumat (2/6).
Amien Rais berdalih, uang yang diterimanya adalah bantuan dana operasional dari Sutrisno Bachir untuk kegiatannya.”Kasus aliran dana dari Yayasan Soetrisno Bachir sejumlah uang Rp 600 juta rupiah antara 15 Januari sampai 13 Agustus 2007, ” ujar Amien.

Dalam jumpa pers ini Amien Rais  mengakui menerima Rp 600 juta. Menurutnya benar ada dana masuk sejumlah Rp 600 juta ke rekeningnya . “Dana ini berasal dari Yayasan Soetrisno Bachir . Namun , dana ini bentuk bantuan kegiatan operasional dari Soetrisno Bachir ,”katanya.

Meski Amien Rais mengakui menerima Rp 600 juta itu, namun Mantan Ketua MPR tersebut  berencana mendatangi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi , untuk mengklarifikasi tudingan yang tak sedap ini , pada hari Senin pekan depan.

Namun keinginan Amien Rais bertemu dengan pimpinan KPK tersebut belum tentu terjadi. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, permintaan pendiri PAN tersebut tak bisa direalisasikan oleh para komisioner KPK. “Pimpinan KPK sangat menghindari pertemuan dengan pihak yang terkait dengan perkara,” ujar Febri .

Seperti diketahui,  dalam surat dakwaan pada kasus korupsi pengadaan alat kesehatan, yang menjerat Mantan Menteri Kesehatan , Siti Fadilah Supari, menyebutkan bahwa  rekening Amien Rais , telah menerima 6 kali transfer uang . Dalam setiap kali transfer, Amien Rais menerima 100 juta rupiah .

Dalam surat dakwaan ini tercatat bahwa , rekening Amien Rais pertama kali menerima transferan uang , pada 15 Januari 2007 , dan terakhir menerima transferan uang , pada 2 November 2007 .

Demikian  laporan Yustinus Bagus dan Edwin Lantang dari Jakarta