Berita Amirika Es Seukuran Dua Kali California di Antartika Barat Mencair

Es Seukuran Dua Kali California di Antartika Barat Mencair

Salah satu peristiwa El Nino terbesar dalam 50 tahun terakhir telah mencairkan lapisan es seluas 300.000 mil persegi di Antartika Barat. Luas lapisan es yang mencair ini setara dengan dua kali luas wilayah California, Amerika Serikat (AS).

Es Seukuran Dua Kali California di Antartika Barat MencairBukan hanya es laut Antartika yang mencair di petak. Es yang menutupi daratan Antartika Barat juga mengalami pemanasan.

Pada bulan Januari tahun lalu—puncak musim panas Antartika—peristiwa El Nino telah mendorong air hangat ke Antartika Barat untuk mencairkan es. Temuan ini dipublikasikan dalam sebuah studi di jurnal Nature Communications.

”Apa yang mungkin terjadi adalah bahwa snowpack permukaan bisa mengandung air lelehan, bertindak sebagai penyangga dan mencegah pembentukan kolam dan aliran lelehan yang bisa umum terjadi di beberapa lapisan es di Antartika,” kata Julien Nicolas, penulis utama makalah tersebut. 

Nicolas adalah peneliti di Byrd Polar and Climate Research Center di The Ohio State University. ”Tapi kita tidak bisa mengesampingkan keberadaan air yang ada di banyak lokasi,” ujarnya.

El Nino adalah fenomena yang biasanya terjadi setiap beberapa tahun sekali. Ini ditandai dengan perairan hangat yang bergerak ke timur Samudera Pasifik yang dekat dengan khatulistiwa. 

Peristiwa El Nino ini juga mengirimkan udara hangat ke Antartika Barat. “Di Antartika Barat, kita memiliki tarik tambang antara pengaruh El Nino dan angin barat, dan sepertinya El Nino menang,” kata David Bromwich dari Ohio State University, yang juga seorang penulis studi.

”Ini adalah pola yang muncul, dan karena kita akan melihat El Nino yang lebih kuat dan lebih sering di masa depan dengan iklim yang memanas, kita dapat melihat lebih banyak peristiwa pencairan permukaan yang hebat di Antartika Barat,” ujar Bromwich, seperti dikutip dari IB Times, Jumat (16/6/2017).