Cara Mendapatkan Lailatul Qadar Saat Bulan Ramadhan

Cara Mendapatkan Lailatul Qadar Saat Bulan Ramadhan

Cara Mendapatkan Lailatul Qadar – Sebagai seorang Muslim Muslimah tentunya kita sudah mengetahui apa itu Malam Lailatul Qadar karena Malam Lailatul Qadar ialah satu Malam yang sangat penting dan yang terjadi di Bulan Suci Ramadhan, didalam Kitab Suci Al Qur’an pun telah menerangkan bahwa Lailatul Qadar atau Malam Lailatul Qadar ini digambarkan sebagai Satu Malam yang lebih baik, mulia dan istimewa dari Seribu Bulan.

cara mendapatkan lailatul qadarSebelum membahas tentang Cara Memperoleh Malam Lailatul Qadar, ada baiknya jika kalian mengetahui Deskripsi tentang Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar didalam Al Qur’an yang telah diterangkan di Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 yang merupakan Surat Ke 97 didalam Al Qur’an dan bunyi dari Firman Allah didalam Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 Terjemahan Bahasa Indonesia, ” Sesungguhnya kami tlah mengirim hal demikian (Al Qur’an) di Malam Kemuliaan, Dan tahukah kalian apakah Malam Kemuliaan itu ?, Malam Kemuliaan itu lebih baik daripada Seribu Bulan,

Pada malam itu (Malam Lailatul Qadar) turun Malaikat – Malaikat dan Malaikat Jibril dengan Ijin Rabb-nya (Allah SWT) untuk mengatur segala urusan, Malam itu (Malam Kemuliaan) penuh dengan kesejahteraan sampai terbitnya Fajar (QS. Al – Qadar : Ayat 1 – 5) ”. Dengan melihat Firman Allah SWT didalam Surat Al Qadr Ayat 1 – 5 diatas maka sudah sangat jelas bahwa Keistimewaan Malam Lailatul Qadar sangatlah Istimewa karena Malam Kemuliaan itu lebih baik daripada Seribu Bulan dan dimalam itu penuh dg kesejahteraan sampai terbitnya Fajar (Matahari).

Waktu Datangnya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

cara mendapatkan lailatul qadar

Adapun untuk Waktu Terjadinya Malam Lailatul Qadar itu sendiri terjadi di Bulan Ramadhan dan tepatnya ialah Sepuluh Hari Terakhir di Bulan Ramadhan dalam Sistem Kalender Hijriyah (Kalender Islam). Waktu Malam Lailatul Qadar tersebut berdasarkan Hadist Shahih bahwa dari Aisyah berkata, ” Nabi Muhammad SAW beri’tikaf di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan dan Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, ” Carilah Malam Lailatul Qadar di Malam Malam Ganjil pada Sepuluh Hari Terakhir di Bulan Ramadhan (Hadist Shahih Riwayat Bukhari No. 4/225 dan Muslim No. 1169) ”.

Sebelumya perlu kami ingatkan kepada kalian para pembaca Muslim Muslimah yang ada di Indonesia bahwa Tips dan Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar didalam artikel ini hanya sebagai bentuk Ikhtiar (Usaha) kita sebagai seorang Muslim Muslimah yang ingin mendapatkan Malam Lailatul Qadar, karena Malam Kemuliaan dari Seribu Bulan itu Hak Allah SWT dan hanya Allah SWT lah yang mempunyai Hak untuk memilih siapa saja yang akan mendapatkan Malam Lailatul Qadar.

Cara Mendapatkan Lailatul Qadar Di Bulan Ramadhan

Adapun Cara Memperoleh Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan yang bisa kalian ikhtiarkan yang pertama ialah dengan mengerjakan Shalat Fardhu (Wajib Lima Waktu) secara Berjamaah karena Imam Syafi’i berkata bahwa, ” Siapa yg mengerjakan Sholat Isya dan Sholat Subuh pada Malam Lailatul Qadar secara berjamaah maka dia sudah mengambil bagian dari Malam Lailatul Qadar itu (Imam Syafi’i) ”.

Apalagi mengerjakan Shalat Fardhu merupakan Perkara Wajib yang harus kalian kerjakan sebagai seorang Muslim dan jika dikerjakan (Shalat Fardhu 5 Waktu) tersebut secara Berjamaah maka akan lebih baik dan akan mendapatkan Pahala yang lebih banyak, dibandingkan dengan mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu secara Sendirian. Bisa ditambahkan dengan mengerjakan Shalat Sunnah Malam di Bulan Ramadhan seperti mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Taubat maupun Shalat Sunnah yang lain dengan memohon ampunan kepada Allah SWT atas semua dosa – dosa yg pernah kita buat.

Tips Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Kedua yang bisa kalian ikhtiarkan adalah menunaikan Puasa Wajib Ramadhan secara benar dan ikhlas karena Malam Lailtul Qadar Terjadi di Bulan Ramadhan, Bulan dimana kita telah diwajibkan untuk mengerjakan Puasa Ramadhan Selama 30 Hari di Bulan Ramadhan. Dan jangan sampai lupa untuk melakukan Sahur karena walaupun Hukum Bersahur Sunnah, tetapi didalam Sahur tersebut terdapat keberkahan sehingga sangat disayangkan jika kalian tidak melakukannya (Sahur).

Lalu Tips Memperoleh Malam Lailatul Qadar selanjutnya bisa dengan mengkhatamkan Al Qur’an atau setidaknya sering – sering membaca Al Qur’an di Bulan Ramadhan karena harus kalian tahu bahwa didalam Bulan Ramadhan juga terdapat Malam Nuzulul Qur’an yang mempunyai artian Malam dimana Al Qur’an pertama kali di turunkan oleh Allah SWT dengan perantara Malaikat Jibril untuk disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang terjadi di Bulan Ramadhan.

Kemudian Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar yang lainnya bisa dengan memperbanyak membaca Bacaan Dzikir Setelah Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah, memperbanyak mengerjakan Sholat Sunnah, Bersedekah, Mengerjakan Amalan – Amalan atau Ibadah – Ibadah yang lain selama di Bulan Ramadhan dan Menjauhi segala Larangan – Larangan Allah SWT serta memperbanyak membaca Doa Malam Lailatul Qadar yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW saat ditanya oleh Aisyah Ra.

Namun perlu digaris bawahi dan diingatkan sekali lagi disini bahwa dengan kalian mengerjakan Cara Mendapatkan Lailatul Qadar yang ada didalam Artikel ini, belum tentu kalian akan mendapatkan Malam Lailatul Qadar karena sekali lagi Malam Lailatul Qadar itu Hak dan Ketentuan Allah SWT sehingga hanya Allah SWT lah yang mempunyai hak untuk memilih Seorang Muslim dan Muslimah untuk mendapatkan Malam Kemuliaan dari Seribu Bulan tersebut, hanya saja kita sebagai seorang Muslim masih boleh Berikhtiar dan Berusaha untuk mendapatkannya.

Lagi pula jika kalian mengerjakan Amalan dan Ibadah Malam Lailatul Qadar yang sudah dituliskan diatas di Bulan Ramadhan maka Insa Allah, kalian sebagai seorang Muslim Muslimah akan mendapatkan dan memperoleh Pahala yg sangat banyak karena Ibadah dan Amalan yg kalian lakukan itu dikerjakan di Bulan Ramadhan, dan tahukah kalian bahwa Bulan Ramadhan merupakan Bulan didalam Ajaran Islam yg mempunyai banyak Keistimewaan dan Keutamaan didalamnya sehingga manfaatkan dengan maksimal Bulan Ramadhan itu dengan memperbanyak mengerjakan Amalan dan Ibadah.