INI DIA 5 TIPS BERKENDARA SEPEDA MOTOR YANG AMAN UNTUK PARA PEREMPUAN SELAMA BULAN RAMADHAN

INI DIA 5 TIPS BERKENDARA SEPEDA MOTOR YANG AMAN UNTUK PARA PEREMPUAN SELAMA BULAN RAMADHAN

www.an.tv – Tinggal beberapa minggu lagi, umat Islam yang ada diseluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Dan biasanya saat sedang berpuasa ion dalam tubuh kita akan cepat turun sehingga membuat badan cepat menjadi lemas. Akibatnya, konsentrasi yang kita miliki akan berkurang padahal aktivitas yang dikerjakan tetap sama seperti bulan-bulan sebelum berpuasa. Salah satu aktivitas yang masih akan tetap dikerjakan ialah mengendarai kendaraan. Apalagi di Indonesia, pengguna kendaraan berjenis sepeda motor masih menjadi primadona baik untuk kaum laki-laki maupun perempuan.
Ini Dia Lima Tips Berkendara Sepeda Motor Yang Aman Untuk Para Perempuan Selama Bulan Ramadhan
Menurut P.M. Abdul Razak seorang Asisten Manager ITC di Institut Mengemudi Emirat (EDI) mengatakan bahwa beberapa jam tidur mempengaruhi kemampuan pengendara untuk tetap waspada dan fokus saat berkendara. Kelelahan mengurangi tingkat konsentrasi pengendara. Ini berarti saat berkendara selama bulan Ramadhan harus berhati-hati terutama dalam menjaga emosi.

Namun, bagi kamu para perempuan yang memang terpaksa harus mengendarakan sepeda motor untuk beraktivitas selama bulan Ramadhan tidak perlu takut karena ANTV telah merangkum lima tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para perempuan selama bulan Ramadhan yang dilansir dari khaleejtimes:

1. Jangan memaksakan tubuh jika sudah lelah berkendara, sejenak istirahat dulu

Tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para perempuan selama bulan Ramadhan yang pertama ialah jangan memaksakan tubuh kamu. Secara biologis atau secara alami, tubuh kamu memang diperlukan istirahat ketika jam sudah menunjukkan pukul 12.00 sampai 14.00. Ini disebabkan karna konsentrasi serta energi yang kamu miliki sudah terkuras sedikit demi sedikit di pagi hari. Ketika sedang berpuasa, tubuh juga membutuhkan istirahat pada siang hari setelah pukul 12.00. Jadi sebisa mungkin pejamkan mata atau istirahatkan mata dan tubuh kamu walau cuman hitungan seperkian menit saja.

Kalau memang harus terpaksa berkendara di siang hari, usahakan jangan menempuh jarak yang terlalu jauh. Dan sering-sering lah berhenti dan istirahat sebentar. Ingat! Jangan terlalu dipaksakan untuk buru-buru sampai tujuan. Serta usahakan juga untuk cuci muka agar kembali segar.

2. Harus ektra bersabar dan menahan amarah atau emosi terhadap pengendara lainnya

Sering kali, dihari-hari biasa pun kamu tetap marah jika disalip secara tiba-tiba oleh pengendara lain. Apalagi saat bulan puasa ini, kamu akan cepat sekali merasa lelah, dehidrasi dan berkurangnya waktu tidur. Akibatnya, akan menyebabkan konsentrasi kamu dalam berkendara akan hilang, berkurangnya rasa sabar dan ketika ditengah kemacetan biasanya tanpa disadari olehmu perasaan emosi itu akan datang karna tak sabar untuk sampai ditempat kerja.

Jadi, ini dia tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para perempuan selama bulan Ramadhan yang kedua. Daripada kamu menuangkan emosi untuk hal-hal yang tidak penting, alangkah baiknya kamu jangan membuang-buang energi kamu dengan percuma ketika sedang mengendara. Perlu diingat bahwa ada banyak aktivitas lainnya yang sudah menanti kamu ditempat kerja. So, keep your energy guys.

3. Memulai perjalanan kamu lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

Jika kamu memang tipikal orang yang pemarah dan berat melakukan tips yang kedua, kamu bisa mencoba tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para perempuan selama bulan Ramadhan nomor tiga ini yaitu memulai perjalanamu lebih awal.

Kalau kamu tidak ingin terjebak dalam kemacetan yang cukup parah, kamu bisa berangkat ke tempat kerjamu lebih awal. Sehabis makan sahur dan menunaikan sholat subuh, alangkah lebih baiknya kamu mulai bersiap-siap untuk memulai aktivitas diluar. Eitssss… jangan sampai lupa untuk mandi yaaa

4. Mengamati semua tanda-tanda lalu lintas, aturan dan peraturan

Lagi-lagi konsentrasi menjadi hal yang penting untuk melakuakan tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para perempuan selama bulan Ramadhan. Karena di nomor 4 ini, kamu harus fokus dengan segala rambu-rambu, tanda-tanda dan peraturan lalu lintas. Jika kamu tidak memperhatika dengan baik keadaan jalan sekitar, bisa-bisa kamu malah masuk ke jalan tol atau kamu bakalan kena amuk dari pengendara lainnya loh… Gamau puasanya batal Cuma gara-gara bertengkar dengan yang lain kan…

Ini Dia 5 Tips Berkendara Sepeda Motor Yang Aman Untuk Para Perempuan Selama Bulan Ramadhan
Ini Dia 5 Tips Berkendara Sepeda Motor Yang Aman Untuk Para Perempuan Selama Bulan Ramadhan

5. Pertimbangkan transportasi umum

Jika memang kamu tidak bisa melakukan tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para perempuan selama bulan Ramadhan seperti yang sudah dijelaskan diatas, tak perlu khawatir karna alternatif terakhir yaitu menggunakan transportasi umum. Di Indonesia sendiri, jenis transportasi sudah banyak seperti ojek online, busway bahkan kereta commuter line yang memudahkan kamu untuk sampai ditempat kerja secara aman.

Jadi, jangan jadikan bulan Ramadhan yang suci ini menjadi alasan kamu untuk bermalas-malasan dirumah saja ya… Semoga tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para perempuan selama bulan Ramadhan ini dapat berguna untuk kamu para ladies…