JANGAN OLAHRAGA BERLEBIHAN, EFEKNYA MERUGIKAN KESEHATAN

JANGAN OLAHRAGA BERLEBIHAN, EFEKNYA MERUGIKAN KESEHATAN

www.an.tv – Olahraga memang penting. Tapi olahraga berlebihan juga tidak baik, karena bisa merugikan kesehatan.

Siapa sih yang tidak mau punya tubuh sehat. Saat ini banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan tubuh sehat dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Tapi jangan sampai olahraga berlebihan, efeknya bukan tubuh sehat yang didapat melainkan mendatangkan penyakit dan beresiko untuk kesehatan tubuh kita.
Jangan Olahraga Berlebihan, Efeknya Merugikan Kesehatan
Olahraga 30 menit selama 5 kali dalam seminggu, bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan. Tapi, ternyata setiap orang punya kebutuhan olahraga yang berbeda-beda. Tergantung kondisi fisik, berat badan dan tujuan berolahraga dari orang itu sendiri.

Rata-rata, orang dewasa direkomendasikan untuk berolahraga ringan sebanyak 150 menit per minggunya. Sementara untuk olahraga berat, cukup 75 menit perminggu.

Jangan lebih dari waktu yang direkomendasikan ini ya. Karena bisa menimbulkan resiko untuk kesehatan anda.

Untuk menghindari resiko olahraga berlebihan, segeralah beristirahat selama 2-3 hari, jika anda mengalami tanda-tanda ini.

– Merasa sangat lelah setelah berolahraga. Alih-alih mendapatkan tubuh yang berenergi, anda akan merasa sangat lelah setelah olahraga berlebihan. Kelelahan ini bisa ditandai dengan napas yang tersengal-sengal serta rasa nyeri yang mengganggu kegiatan anda sehari-hari.

– Perubahan mood. Olahraga berlebihan bisa membuat mood anda berubah menjadi lebih negatif. Kelelahan bisa membuat anda lebih mudah marah, tidak fokus dan sering bingung.

– Kekebalan tubuh melemah. Bukannya membuat tubuh anda lebih sehat, olahraga berlebihan justru akan membuat anda lebih mudah terserang penyakit. Mudah sakit kepala, flu serta batuk, jadi lebih menyerang karena kekebalan tubuh anda melemah.

– Insomnia. Olahraga berlebihan juga akan membuat anda sulit mendapatkan tidur yang nyenyak. Padahal olahraga yang cukup harusnya bisa membuat anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

– Waktu pemulihan nyeri olahraga menjadi lebih lama. Biasanya waktu yang dibutukan untuk memulihkan nyeri otot akibat olahraga, adalah 2-3 hari. Jika nyeri anda berlangsung lebih lama, itu artinya anda harus beristirahat.

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan tubuh sehat. Yang penting olahraga teratur, istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Selamat mencoba gaya hidup sehat.