MANFAAT BAWANG PUTIH BAGI KESEHATAN

MANFAAT BAWANG PUTIH BAGI KESEHATAN

www.an.tv – Bawang putih termasuk dalam jenis tumbuhan umbi-umbian yang memiliki bau menyengat, namun banyak orang yang menyukai bau dan rasanya untuk memperkaya rasa masakan. Bawang putih kerap dikenal sebagai bumbu masakan terutama di Indonesia. Tidak hanya sebagai bumbu, ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat bawang putih yang dilansir dari berbagai sumber dan dikutip oleh ANTV:
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

1. Kanker

Manfaat bawang putih untuk mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti karna berpotensi menyebabkan kematian. Bawang putih memiliki kandungan organosulfida yang bermanfaat menghasilkan senyawa kimia yang mecegah kanker, bawang putih juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.

2. Gigi

Sakit gigi yang timbul karena gigi bolong tak usah khawatir. Berbagai bakteri yang terdapat pada gigi bisa dihilangkan dengan bawang putih. Bawang putih sudah sejak lama digunakan untuk meredakan rasa sakit pada gigi karna memiliki sifat anti virus dan anti bakteri yang terdapat pada bawang putih.

3. Telinga

Telinga merupakan bagian yang sulit untuk dibersihkan. Di China bawang putih digunakan untuk membersihkan telinga, dengan cara memotong bawang putih kemudian disumpal ke lubang telinga tapi jangan sampai masuk kedalam lubang telinga. Bawang putih yang mengandung zat fosfor dapat membantu membersihkan kuman dan bakteri dalam telinga.

4. Kuku

Kuku mudah terkena infeksi, mengakibatkan kuku kusam dan kuning bahkan berjamur. Sifat anti jamur pada bawang putih tidak hanya mencegah  tetapi juga melindungi kuku dari infeksi. Rendam kapas pada rendaman bawang putih yang telah di hancurkan agar menempel pada kapas, kemudian tempelkan pada sisi kuku.

5. Jerawat

Bawang putih mampu mengobati jerawat namun harus dengan cara yang benar.  Bawang putih memiliki senyawa yang berguna sebagai pembersih darah serta memiliki sifat antibiotik. Namun, bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

6. Ketombe

Bawang putih yang mengandung sulfur dan anti bakteri dianggap menjadi obat untuk rambut yang gatal dan berketombe. Ketombe timbul karena bakteri pada kulit kepala akibat rambut yang kotor. Usapkan bawang putih ke kulit kepala untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan rambut berketombe.

7. Selulit

Bawang putih salah satu bahan yang dipercaya untuk menghilangkan bekas selulit pada tubuh. Selulit timbul biasanya pada orang yang baru saja melahirkan karena kulit yang melebar pada masa kehamilan. Bawang putih memiliki vitamin B, C, E dan K  yang memiliki fungsi meremajakan kulit. (Meratifa)