NIAT PUASA SENIN KAMIS SEKALIGUS MEMBAYAR HUTANG PUASA RAMADHAN DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN!

 

NIAT PUASA SENIN KAMIS SEKALIGUS MEMBAYAR HUTANG PUASA RAMADHAN DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN!

Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim yang sudah masuk dalam usia baligh. Baik itu pria atau wanita. Namun memang ada beberapa hal yang membedakan antara wanita dan pria, salah satunya pada beberapa masa tertentu, seperti diantaranya datang bulan, maka diharamkan bagi kaum hawa untuk menjalankan ibadah yang satu ini. Mereka harus menunggu hingga suci lagi, untuk melanjutkan ibadah tersebut. Tentunya tetap ada kewajiban dalam melunasi tanggungannya. Adapun niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan.
Niat Puasa Senin Kamis Sekaligus Membayar Hutang Puasa Ramadhan dan Manfaatnya untuk Kesehatan! 
Sebagian banyak diantara wanita yang membayar hutang puasa ramadhan mungkin lebih senang menjalankannya pada hari Senin atau Kamis, karena ternyata kedua puasa ini memiliki banyak sekali manfaat yang didapatkan. Tergolong sebagai puasa sunnah yang dianjurkan bagi siapa saja yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah dan juga memohon doa agar cepat terkabul. niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, tentunya berbeda dengan niat puasa senin kamis saja atau puasa untuk kebutuhan mengganti puasa yang telah lalu.
 
Sebenarnya selain kaum hawa sendiri, pria juga boleh mengganti puasa mereka, dengan jenis puasa ini jika memang memiliki hutang, entah karena sakit ketika bulan ramadhan sehingga tidak bisa menjalankan ibadah tersebut ataupun yang lainnya. menjalankan Puasa Senin Kamis disertai dengan puasa guna mengganti hutang puasa ramadhan ini sebenarnya memiliki beberapa aturan khusus. Beberapa ulama ada yang menyebutnya tidak boleh, namun sebagian diantara ulama juga memperbolehkan, bahkan menganjurkannya.
 
Berikut ini setidaknya hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, dan juga hukumnya, yaitu:
 
Hukumnya adalah sunnah bagi orang yang memiliki tanggungan, bagi Anda yang ingin menjalankan puasa Senin Kamis, namun masih memiliki tanggungan puasa untuk mengganti hutang yang lalu, sebenarnya sifatnya sendiri adalah sunnah, yaitu bila dikerjakan mendapatkan pahala, namun bisa ditinggalkan juga bukan masalah. Namun karena Anda masih mempunyai tanggungan ini, alangkah baiknya niat langsung, antara puasa untuk Senin Kamis dengan puasa dalam mengganti hutang. 
Jika ingin melakukan puasa 6 bulan Syawal, maka hukumnya adalah wajib dalam mengganti puasanya terlebih dahulu. Puasa lainnya yang bersifat sunnah, namun memiliki banyak sekali pahala jika dikerjakan. Namun ada pengecualian bagi mereka yang memiliki hutang puasa wajib, yaitu tidak bisa mengerjakan puasa sunnah ini, sebelum melunasi hutang puasa tersebut. 
Menggabungkan antara puasa Senin Kamis dengan puasa mengganti atau qadha, sifatnya adalah yang boleh langsung dalam satu niatan, namun juga ada ulama yang berpendapat bahwa hal tersebut tidak boleh, artinya jika memang ingin mengerjakan puasa Qadha dan juga Senin Kamis maka harus melakukan dua niat sekaligus.
 
Berbagai ragam pandangan terhadap niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, sebenarnya agar lebih aman, maka wajib diantara Anda untuk mengetahui niat kedua-duanya. Tergantung juga para muslim ingin menganut mazhab dari siapa, karena berbeda pandangan maka akan berbeda pula pola yang akan dianut.
 
Namun jangan khawatir karena bukan masalah jika Anda memang ingin mengganti kedua puas a tersebut sekaligus, di satu sisi maka qadha atau hutang puasa wajib Anda telah terselesaikan, juga ada tambahan pahala yang didapatkan dengan melakukan puasa Senin Kamis. Jenis puasa tersebut kenyataannya juga memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah: